Dark/Light Mode

Golkar Sebut Prabowo Ajak Ridwan Kamil Bicara Soal Penjajakan Cawapres

Kamis, 14 September 2023 22:15 WIB
Ridwan Kamil (Foto: Ist)
Ridwan Kamil (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Rabu malam (13/9) lalu menggelar pertemuan dengan Ridwan Kamil, di kediamannya, Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan (Jaksel).

Momen tersebut kemudian diunggah Prabowo ke akun media sosial Instagram miliknya, tak lama setelah pertemuan.

Dari beberapa foto yang diunggah, Prabowo tampak menyambut hangat Ridwan Kamil.

Pria yang akrab dipanggil RK itu juga terlihat diajak makan malam oleh Prabowo.

Ada juga foto yang memperlihatkan keduanya sedang duduk dan berbicara empat mata.

Baca juga : Relawan Prabowo Ogah Tanggapi Gugatan Pembatasan Usia Capres

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Melchias Markus Mekeng mengatakan, kedatangan mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) tersebut adalah untuk memenuhi panggilan Prabowo.

RK diajak ngobrol berbagai hal oleh Prabowo. Salah satunya, mengenai posisi Prabowo sebagai bakal calon presiden (capres) Koalisi Indonesia Maju.

”Makanya dipanggil (RK), diajak ngobrol gitu lho. Sehingga nanti muncul, dia akan memutuskan koalisinya siapa yang lebih pantas, yang bisa memenangkan,” kata Mekeng kepada wartawan, Kamis (14/9).

Dia menjelaskan, komunikasi itu sendiri dilakukan lantaran Koalisi Indonesia Maju yang berisi Partai Gerindra, Partai Golkar, dan PAN, ingin menang dalam pemilu tahun depan.

”Ini kan umpamanya mengawinkan capres dengan cawapres. Jangan mengawinkan, tapi nggak jadi menang,” tuturnya. 

Baca juga : Romahurmuziy: Hanya PPP Yang Ajukan Cawapres

Mekeng juga mengungkapkan, Prabowo sendiri sebagai capres bahkan telah melakukan penjajakan dengan beberapa tokoh lain selain RK.

Seperti, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

"Bisa jadi pertemuan dengan RK menjadi penjajakan akhir (Prabowo) sebelum mengambil keputusan siapa yang akan dijadikan pendampingnya,” tandas Mekeng. 

Senada dengan Mekeng, Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Andre Rosiade menyebut, pertemuan Prabowo dengan RK merupakan hal yang wajar. Sebab, Prabowo dan RK memiliki hubungan baik.

”Pertemuan tadi malam, selain silaturahmi lalu juga makan malam, Kang Emil memberikan update-update perkembangan pembangunan di Jawa Barat kepada Pak Prabowo,” jelasnya.

Baca juga : Prabowo Ke Padang, Anies Ke Madura, Ganjar Ngopi

Apalagi, saat ini RK sudah menjadi bagian dari Partai Golkar yang berada satu koalisi dengan Partai Gerindra.

”Saya rasa wajar, selain punya hubungan sejarah, silaturahmi yang kuat, Kang Emil juga merupakan bagian dari keluarga Partai Golkar yang juga ada di Koalisi Indonesia Maju,” terang dia.

Soal cawapres untuk Prabowo, Andre menegaskan, itu akan dibahas bersama partai lain di Koalisi Indonesia Maju.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.