Dark/Light Mode

Pengalaman Di Jateng, Ganjar Siap Maksimalkan Digitalisasi Ke Level Nasional

Minggu, 17 September 2023 19:09 WIB
Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo memberikan pemaparan Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia di The Ballroom XXI Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Minggu (17/9). (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka(
Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo memberikan pemaparan Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia di The Ballroom XXI Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Minggu (17/9). (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka(

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo menyampaikan pentingnya digitalisasi dalam mengubah paradigma birokrasi di pemerintahan.

Menurutnya, langkah ini akan membawa pengalaman luar biasa dalam pelayanan publik.

Hal itu disampaikan Ganjar saat berbicara pada acara Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia dengan tema 'Ganjar Jawab Tantangan Masa Depan Indonesia' di The Ballroom XXI Djakarta Theater, Jakarta Pusat, hari Minggu (17/9).

Baca juga : Sukarelawan Ganjar Ronggolawe Bantu Kembangkan Pariwisata Lokal

"Digitalisasi kemudian bisa memudahkan dan membikin ini pengalaman luar biasa, apa yang luar biasa? Mengubah cara berpikir para birokrat. Dari mereka yang dulu melayani biasa-biasa saja, sekarang luar biasa," ujar Ganjar.

Ganjar juga membagikan pengalaman pribadinya ketika menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah (Jateng).

Pada masa itu, ia mengeluarkan kebijakan bahwa setiap keluhan masyarakat harus mendapatkan respons dalam waktu 1 x 24 jam.

Baca juga : Malam Ini Lawan Bali United, RANS Nusantara Siap Naik Kelas

"Saya kasih aturan 1 x 24 jam harus direspons, dijawab aja, kalau 1 x 24 nggak kamu respons kamu masuk dashboard saya," imbuhnya.

Jika hal tersebut terjadi sampai tiga kali, Ganjar tidak segan untuk menghubungi kepala dinas terkait dengan pertanyaan, "Bu, Pak, apa sudah bosan jadi kepala dinas?'".

Ganjar menegaskan, kebijakan tersebut telah berhasil menghilangkan jarak antara masyarakat dan kepala dinas.

Baca juga : Pengawasan Kripto Akan Dialihkan ke OJK, Bagaimana Nasib Investasinya?

Hal ini karena keluhan yang disampaikan bisa langsung direspons pihak terkait.

"Akhirnya kemudian tidak ada lagi jarak antara kepala dinas dan dengan rakyat karena dia mendapatkan respons secara langsung," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.