Dark/Light Mode

Pengawasan Kripto Akan Dialihkan ke OJK, Bagaimana Nasib Investasinya?

Selasa, 12 September 2023 23:33 WIB
Koin kripto/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Koin kripto/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di era transformasi digital yang pesat, lanskap keuangan terus berubah, Pemerintah terus berbenah menyempurnakan kebijakan demi menjaga aset investasi masyarakat, terutama dalam hal aset kripto. Menjadi bagian dari industri yang terus bertumbuh ini, Bittime sebagai salah satu exchange aset kripto selalu menjadi pendukung setia berbagai inisiatif Pemerintah.

Direktur Utama PT Utama Aset Digital Indonesia (Bittime) Ronny Prasetya yakin, setiap kebijakan yang diambil Pemerintah terkait aset kripto bertujuan untuk memperkuat ekosistem kripto yang ada di Indonesia. Salah satu keputusan besar yang patut dicatat adalah penunjukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai otoritas resmi untuk mengawasi aset kripto di Indonesia, yang akan mulai berlaku pada 2025.

“Bittime meyakini bahwa regulasi yang terstruktur dengan baik dapat melindungi investor dan ekosistem keuangan secara keseluruhan,” ujar Ronny, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (12/9).

Baca juga : Kolega Wartawan Bamsoet Akan Luncurkan Buku Bambang Soesatyo News Maker

Langkah untuk memberikan kepercayaan kepada OJK dalam mengawasi aset kripto mencerminkan komitmen Pemerintah untuk investasi kripto yang bertanggung jawab dan aman, sambil membuka era baru inovasi keuangan. Regulasi dan penunjukan OJK sebagai lembaga pengawas aset kripto merupakan langkah konkrit yang menunjukkan keseriusan Pemerintah dalam mengatur aset yang terbilang cukup volatile ini.

Dengan penunjukan ini, diharapkan OJK melalui kebijakan dan sistemnya akan dapat membantu memberikan perlindungan investor yang lebih baik. Karena keterlibatan OJK akan memberikan jaminan bagi investor bahwa investasi mereka tunduk pada pengawasan regulasi, mengurangi risiko skema penipuan dan scam yang pernah mencemarkan industri ini.

Selain itu, diharapkan hal ini juga dapat menambah keyakinan pasar terhadap aset kripto. Investor institusional maupun retail akan mendapatkan manfaat dari lingkungan yang diatur dengan baik, yang akan meningkatkan kepercayaan dalam pasar kripto, dan berpotensi mendorong partisipasi yang lebih besar dan perkembangan yang lebih lanjut. Sehingga ekosistem aset kripto Indonesia dapat semakin bertumbuh menuju ke arah yang lebih baik.

Baca juga : BPJamsostek Salurkan Santunan 183 Juta Bagi Petugas Haji Indonesia

Kemudian, dengan adanya OJK sebagai pengawas aset kripto di Indonesia juga diharapkan dapat melindungi pasar aset kripto Indonesia dari volatilitas yang berlebihan. Dengan pengawasan OJK, pasar kripto mungkin menjadi lebih stabil, sebab regulator dapat mengambil tindakan untuk mengatasi volatilitas ekstrem yang sering terjadi dalam aset kripto.

Setelah dibentuknya Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) untuk mengawasi aset kripto, dan kemudian ditunjuknya OJK sebagai pengawas aset kripto, dapat dilihat bahwa Pemerintah menginginkan adanya perlindungan hukum terhadap para investor aset kripto. Dengan kebijakan ini, ke depannya akan dapat memberikan perlindungan hukum yang lebih jelas bagi pelaku kripto yang terkena masalah hukum dalam transaksi kripto mereka.

Hal ini juga dapat meningkatan kepercayaan masyarakat dalam berinvestasi. Sebab dengan regulasi yang lebih ketat, investor baru mungkin merasa lebih percaya diri untuk memasuki pasar aset kripto, yang dapat menghasilkan pertumbuhan potensial bagi seluruh ekosistem.

Baca juga : Pelabuhan Perdagangan Bebas Hainan Diharapkan Makin Tingkatkan Ekspor Indonesia

“Dari awal pembentukan hingga saat ini, Bittime selalu berkomitmen untuk bekerja sama dengan Pemerintah, Bappebti, OJK, dan seluruh pemangku kepentingan untuk memastikan perkembangan yang seimbang dan berkelanjutan dalam ekosistem aset kripto Indonesia. Kami yakin bahwa regulasi yang bijaksana akan memperkuat posisi Indonesia dalam pasar aset kripto global,” pungkas Ronny.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.