Dark/Light Mode

4 Penyebab Lampu Taman Tenaga Surya Tak Bisa Menyala

Sabtu, 9 September 2023 15:38 WIB
Lampu taman tenaga surya merupakan solusi yang ramah lingkungan dan praktis untuk membuat halaman rumah jadi lebih terang. (Foto: Ilustrasi Rupa-rupa).
Lampu taman tenaga surya merupakan solusi yang ramah lingkungan dan praktis untuk membuat halaman rumah jadi lebih terang. (Foto: Ilustrasi Rupa-rupa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Lampu taman tenaga surya merupakan solusi yang ramah lingkungan dan praktis untuk membuat halaman rumah jadi lebih terang.

Namun, terkadang mungkin saja kamu akan mengalami masalah ketika lampu taman tenaga surya tidak dapat menyala sepenuhnya. Lantas, apa penyebabnya dan bagaimana solusinya? Simak berikut ini.

1. Energi Matahari Tidak Didapatkan dengan Baik

Salah satu penyebab umum lampu taman outdoor tenaga surya tidak bisa menyala adalah panel surya tidak menerima energi matahari dengan cukup.

Biasanya, panel ini perlu mendapatkan sinar matahari selama 6 jam untuk mengumpulkan energi yang diperlukan.

Baca juga : AP II Perluas Layanan TravelinPass Ke 20 Bandara

Jika lampu taman terletak di area yang terhalang oleh bangunan atau tumbuhan, kemungkinan energi matahari yang diterima tidak mencukupi. Jadi, pastikan lampu taman diletakkan pada area yang terkena sinar mataharii secara langsung.

2. Baterai Lampu Habis

Penyebab berikutnya adalah baterai lampu sudah habis atau melemah. Nah, kamu perlu menggantinya dengan yang baru.

Namun, pastikan memakai baterai yang sesuai spesifikasi dari produsen lampu taman. Jadinya, panel surya dapat mengisi baterai dengan baik selama ada matahari yang menyinari.

3. Sensor Lampu Sudah Rusak

Baca juga : SKK Migas Pastikan Pasokan Gas Aman, Harga Gas Hulu Tak Ada Kenaikan

Beberapa lampu taman tenaga surya dilengkapi dengan sensor cahaya. Jika sensor ini rusak, lampu mungkin tidak akan berfungsi dengan benar.

Jadi, pastikan kamu memeriksa sensor cahaya pada lampu taman secara berkala. Jika sensor terlihat rusak, maka kamu perlu mengganti komponen tersebut.

4. Panel Surya Berdebu

Panel surya yang kotor atau berdebu juga bisa menghalangi penyerapan energi matahari dengan efisien. Nah, kamu perlu membersihkan panel surya secara berkala.

Cukup dengan menggunakan lap bersih dan lembab setiap 2 kali dalam seminggu.

Baca juga : Persib Siap Lakukan Segalanya Demi Menang Lawan PSIS

Jadi, pastikan kamu merawat lampu taman dengan baik. Nah, kamu bisa belanja berbagai model lampu, dari lampu dinding outdoor sampai lampu gantung hanya di toko resmi online ACE melalui ruparupa.

Dapatkan juga penawaran spesial belanja online menarik di sini!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.