Dark/Light Mode

Workshop Penilai Wasit Dibuka Hari Ini, Erick Thohir Genjot Kualitas Wasit

Senin, 4 September 2023 23:29 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menegaskan, pihaknya akan terus berupaya, agar kualitas wasit PSSI berada di level atas dalam memimpin seluruh kompetisi liga di Tanah Air.

Erick bilang, perbaikan mutu kompetisi liga - liga 1 ataupun liga 2 - harus pararel dengan meningkatnya kualitas kepemimpinan para pengadil di lapangan hijau. Sehingga, kompetisi bisa berjalan bersih, fair, dan sesuai aturan pertandingan yang berlaku.

Hal itu diungkapkan Erick, dalam rangka pelaksanaan workshop penilai wasit 2023, yang merupakan kolaborasi antara PSSI, FIFA, dan Japan Football Association (JFA). Workshop ini akan diselenggarakan di Surabaya, 4-7 September 2023.

Sebelumnya, PSSI dan JFA telah menjalani kerja sama konkret di bidang perwasitan dengan menggelar seleksi, kursus, dan lokakarya untuk wasit-wasit Liga 1 dan 2 musim kompetisi 2023/2024.

Baca juga : Forum Akhlak Indonesia Sukses Gelar Erick Thohir Tennis Tournament

"Saya sudah pernah katakan, saya memimpin Komite Wasit, tak lain agar kualitas korps yang banyak disorot ini, bisa menjadi lebih baik. Tidak ada lagi intervensi," tutur Erick dalam keterangannya, Senin (4/8/2023).

"Jika sebelumnya kita sudah menggelar seleksi, kursus, dan lokakarya bagi wasit dengan melibatkan JFA, maka kali ini para penilai kinerja wasit-wasit yang sudah dididik itu, perlu juga ditambah ilmunya," imbuhnya.

Dengan melibatkan FIFA dan juga JFA, Erick optimistis, usaha-usaha untuk memulihkan citra wasit yang masih dianggap sebelah mata itu akan berhasil.

Pelatihan yang diikuti 25 peserta itu, ditujukan untuk memberikan ilmu kepada para peserta, mengenai cara dan mekanisme dalam penilaian wasit, training wasit untuk asisten wasit Liga 1, sosialisasi laws of the game (LOTG), Komite Wasit, dengan klub Liga 1 dan Liga 2, kursus dan penyegaran instruktur, dan seleksi wasit CI dan CII Putra Putri U-25.

Baca juga : Dukung Wacana Erick Thohir, Bos Garuda Setuju Merger Dengan Pelita Air

Pesertanya adalah penilai wasit, yang  telah lulus seleksi yang digelar PSSI pada Juli lalu.

"Dengan pelatihan ini, para penilai wasit diharapkan dapat semakin berperan penting untuk meningkatkan kualitas, kepemimpinan, dan meminimalisir kesalahan dari para wasit, serta asisten wasit," papar Erick.

Mantan Presiden Inter Milan ini menekankan, pelatihan penilai wasit fokus pada dua poin utama, yaitu evaluasi dan analisis terhadap penilaian kinerja wasit dan asisten wasit di Liga 1 hingga pekan ke-11.

Mereka juga dipersiapkan, untuk menilai wasit yang akan bertugas di Liga 2 pada 2023-2024.

Baca juga : Hidup Lagi Capek-capeknya, Erick Thohir Dijahilin Pak Bas

Dalam program ini, PSSI mengundang instruktur FIFA asal Malaysia, Mohamad Rodzali.

Untuk kegiatan pengembangan perwasitan lainnya, PSSI juga melibatkan Yoshimi Ogawa, yang kini menjabat sebagai wakil ketua Komite Wasit PSSI. Serta instruktur FIFA lainnya dari Malaysia, Subkhiddin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.