Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Survei Cawapres

Unggul di Jawa Timur, Erick Punya Chemistry Kuat dengan Warga NU

Minggu, 1 Oktober 2023 21:05 WIB
Menteri BUMN/Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Foto: Dok. PSSI)
Menteri BUMN/Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Foto: Dok. PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) untuk wilayah Jawa Timur (Jatim) memperlihatkan, elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir sebagai kandidat Cawapres berada di puncak. Elektabilitas Erick mencapai 17,2 persen, mengungguli Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang sebesar 15,1 persen.

Direktur Utama Rakyat Merdeka Group Kiki Iswara Darmayana menyatakan, hal tersebut menunjukkan adanya kepercayaan warga Nahdlatul Ulama (NU) terhadap Erick. Selain karena keluarga NU, Erick juga sering membuat program yang bertujuan menyejahterakan pondok pesantren. 

"Kelihatannya sudah ada chemistry antara warga NU di Jatim dengan Mas Erick," ujar Kiki, yang menjadi penanggap dalam rilis survei IPI secara virtual, Minggu (1/10).

Baca juga : Survei Terbaru Indikator: Erick Thohir Layak Dipilih Ganjar Dan Prabowo

Erick merupakan anggota Dewan Kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser), salah satu badan otonom Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Pada peringatan Satu Abad NU, Februari lalu, Erick didapuk sebagai ketua panitia.

"Memang warga NU makin rasional dalam memilih orang yang akan memimpin negeri ini, tentu yang bisa mengayomi mereka yang ada di Jawa Timur," lanjut Kiki.

Sedangkan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf menganalisa alasan elektabilitas Erick bisa unggul dari Khofifah. Pria yang akrab disapa Gus Ipul ini melihat, mayoritas masyarakat Jatim yang puas dengan kinerja Khofifah masih menginginkan Ketum Muslimat NU itu memimpin Jatim.

Baca juga : Cari Cawapres, Mega Terus Diskusi Dengan Jokowi

"Saya melihat Bu Khofifah berhasil di Jatim, saya melihat angka-angka juga. Sehingga dalam Pilpres, pendukungnya tidak semua solid Bu Khofifah berangkat ke Jakarta," terangnya.

Untuk Erick, lanjut Gus Ipul, saat ini cukup istimewa di kalangan kiai. Terutama sejak aktif bergabung di Banser. Namanya juga harum di kalangan pecinta sepak bola sejak jadi Ketua Umum PSSI.

"Pak Erick memang istimewa sekali, karena rajin ke kiai, kemudian jadi ketua PSSI, banyak program BUMN kerja sama dengan pesantren," jelas mantan Wakil Gubernur Jawa Timur itu.

Baca juga : Di Bursa Cawapres, Erick Masih Terkuat

Dalam acara yang sama, Guru Besar Fisip Universitas Airlangga Prof Hotman Siahaan menilai wajar jika Erick diunggulkan sebagai Cawapres. Sebab, prestasi Erick sebagai Menteri BUMN atau Ketua Umum PSSI tidak lagi diragukan.

"Jadi saya lebih sepakat menyatakan rasionalitas warga NU semakin meninggi, makin kuat menentukan dalam konteks ranah politik yang dianggap punya kemampuan lebih untuk mengayomi," ucap Prof Hotman.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.