Dark/Light Mode

Ketua DKPP: Penyelenggara Pemilu Wajib Tegak Lurus Demokrasi

Selasa, 3 Oktober 2023 20:20 WIB
Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito saat wawancara eksklusif bersama Rakyat Merdeka (RM.id) di Kantor DKPP, Selasa (3/10). (Foto: Rizky Syahputra/Rakyat Merdeka)
Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito saat wawancara eksklusif bersama Rakyat Merdeka (RM.id) di Kantor DKPP, Selasa (3/10). (Foto: Rizky Syahputra/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito menegaskan setiap penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) wajib berintegritas dan tunduk pada demokrasi.

Hal itu disampaikan Heddy kepada Rakyat Merdeka, saat melakukan wawancara eksklusif di Kantor DKPP, Selasa (3/10).

Dia menuturkan, masalah integritas banyak ditemui dalam proses rekruitmen anggota KPU dan Bawaslu di daerah. "Pengadunya itu adalah mereka yang tidak lolos dan merasa diperlakukan tidak adil," tegas Heddy, di Kantor DKPP, Jakarta, Selasa (3/10).

Baca juga : Erick Thohir: Penyeleweng Dana Pensiun BUMN Biadab, Harus Dihukum

Walaupun begitu, Heddy meminta publik tidak perlu khawatir dengan kemampuan penyelenggara Pemilu yang sudah lolos proses seleksi. Dia yakin, mereka semua punya kualitas yang mumpuni.

"Tapi integritasnya itu yang sering bermasalah. Itu yang selalu dicermati DKPP agar mereka tetap bekerja secara profesional dan tegak lurus terhadap demokrasi," jelasnya.

Untuk memastikannya, Heddy mengatakan pihaknya akan terus melakukan sosialisasi terhadap penyelenggara Pemilu. Adapun sosialisasinya dilakukan berbarengan dengan setiap kegiatan KPU dan Bawaslu di daerah-daerah.

Baca juga : Jelang Pemilu 2 Menterinya Kena Kasus, NasDem Rawan Rontok

Ia juga mengaku tidak bisa mengadakan sosialisasi mandiri, lantaran keterbatasan anggaran. Sehingga, waktu KPU dan Bawaslu mengadakan rapat koordinasi dan bimbingan teknis, DKPP hadir sekaligus melakukan sosialisasi.

"Kalau dilakukan sendiri dengan mengundang seluruh anggota Bawaslu dan KPU, tidak ada anggarannya. Maka cara mensiasatinya dengan hadir dalam setiap kegiatan mereka," pungkasnya.

Dengan sosialisasi tersebut, pihaknya memastikan bahwa kualitas penyelenggara Pemilu Indonesia sudah bisa dipercaya dan tegak lurus terhadap demokrasi dan tidak melanggar kode etik.

Baca juga : Pemkab Morut Penyelenggara Pemerintah Terbaik Se Sulteng

"DKPP memastikan setiap tahapan itu benar-benar kredibel, mulai dari pendaftaran calon pemilih, penyelenggara ah hoc dan lainnya. Kita harus memastikan bahwa semua berjalan dengan baik. Harus dipastikan bahwa semua memperhatikan etika," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.