Dark/Light Mode

Tetap Unggul, Siapapun Cawapresnya

Prabowo Masih Kokoh Teratas

Selasa, 3 Oktober 2023 07:30 WIB
Peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby (kanan), didampingi moderator Fitri Hari memaparkan temuan dan analisis Survei Nasional bertajuk Pasangan Capres  Anies yang Menurun di Jakarta, Senin (2/10). Survei LSI menyatakan, Prabowo unggul di Sumatera, Sulawesi, dan Maluku-Papua. Ganjar unggul di Jawa, Kalimantan dan Bali-NTB-NTT. (Foto: Indra Hardi/RM)
Peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby (kanan), didampingi moderator Fitri Hari memaparkan temuan dan analisis Survei Nasional bertajuk Pasangan Capres Anies yang Menurun di Jakarta, Senin (2/10). Survei LSI menyatakan, Prabowo unggul di Sumatera, Sulawesi, dan Maluku-Papua. Ganjar unggul di Jawa, Kalimantan dan Bali-NTB-NTT. (Foto: Indra Hardi/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas bakal Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto kerap di urutan pertama, siapapun bakal calon wakil presidennya.

Dalam survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Prabowo menang lawan Ganjar Pranowo maupun Anies Baswedan, siapapun Calon Wakil Presidennya (Cawapres).

Keunggulan elektabilitas Prabowo telah diuji pada September. Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar yang hampir setahun bersama, mendadak hengkang menjadi Cawapres Anies, bergabung dengan poros perubahan.

Baca juga : Masuk Bursa Cawapres Prabowo, Gibran Patuh Ke Megawati

"Kejutan dahsyat ini, tak membuat dukungan kepada Anies menanjak. Justru Prabowo masih kokoh di posisi teratas," kata peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby saat merilis hasil survei terbaru, di Kantor LSI Denny JA, Jakarta Timur, kemarin.

Dipaparkan, hingga akhir September, 39,8 persen responden memilih Prabowo jika Pilpres digelar saat ini. Disusul 37,9 persen memilih Ganjar dan 14,5 persen memilih Anies.

LSI Denny JA, lanjutnya, sudah enam kali survei nasional. Januari 2023, Prabowo memang kalah dibandingkan Ganjar.

Baca juga : Getar 08 Maunya Prabowo Presiden, Wakilnya Terserah

Tapi tren berbalik. Prabowo konsisten unggul sejak Mei 2023. Jika dibandingkan antara Januari dan September 2023, Prabowo naik 14,4 persen. Elektabilitas Prabowo di Januari 25,4 persen."Sedikit lagi elektabilitas Prabowo menyentuh angka 40 persen,"katanya.

Sedangkan Ganjar, Januari 2023 elektabilitasnya teratas. Namun pasca bulan Mei 2023, selalu runner-up di bawah Prabowo. Dari Januari hingga September, Ganjar Pranowo hanya naik 0,1 persen.

Sementara Anies konsisten di urutan ketiga dengan elektabili­tas tertinggi sebesar 22,1 persen. Elektabiltas Anies naik turun. Dari Januari hingga September, elektabilitas Anies nyungsep 7,6 persen. "Selama enam kali survei, ini adalah titik terendah yang diperoleh Anies sebesar 14,5 persen. Justru menurun setelah memilih Muhaimin sebagai bacawapresnya," jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.