Dark/Light Mode

Dukung Pasangan AMIN, Emak-Emak Aktivis Gelar Gerakan Penanaman Pohon

Minggu, 8 Oktober 2023 17:46 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelompok masyarakat pendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 terus bertambah.

Kali ini datang dari kalangan aktivis perempuan yang tergabung dalam Kelompok Emak-Emak Aktivis Indonesia (KOMPAKIN).

Para aktivis perempuan ini datang dari berbagai daerah. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, seperti pegiat majelis taklim, aktivis yayasan, hingga kelompok PKK.

Uniknya, mereka menandai deklarasi dukungan kepada pasangan AMIN dengan melakukan gerakan penanaman pohon.

Baca juga : Relawan Mak Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Selendang Mayang

"Kami menilai Mas Anies dan Gus Imin merupakan para aktivis yang mempunyai concern besar terhadap kelestarian lingkungan. Oleh karena itu kami sengaja menggelar gerakan penanaman pohon sebagai tanda dukungan kami kepada pasangan AMIN,” ujar Koordinator KOMPAKIN Devita Fitri, di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (8/10/2023).

Devita mengatakan saat ini dampak perubahan iklim kian terasa nyata. Suhu panas di berbagai kota di Indonesia akhir-akhir ini meningkat signifikan. Sebab, musim kemarau berjalan cukup lama.

"Situasi ini membutuhkan aksi nyata dari kita semua sehingga KOMPAKIN sebagai relawan pendukung AMIN melakukan gerakan penanaman pohon," ujarnya.

Devita mengungkapkan, ada beberapa alasan mengapa KOMPAKIN melakukan Gerakan Penanaman Pohon. Pertama, Pohon-pohon adalah komponen penting dalam ekosistem bumi.

Baca juga : Gandeng PI Grup, Pupuk Kaltim Gelar Program Community Forest Tanam Ratusan Bibit Pohon

Pohon membantu menjaga keanekaragaman hayati, mengurangi erosi tanah, dan mengatur siklus air. Kedua, Pohon-pohon adalah penyerap karbon alami.

"Dengan penanaman lebih banyak pohon, kita dapat mengurangi jumlah CO2 di atmosfer dan membantu memperlambat perubahan iklim," katanya.

Dia yakin pasangan AMIN akan membuat aksi nyata untuk menekan dampak perubahan iklim jika terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden dalam Pilpres 2024.

Apalagi, selain aktivis yang punya komitmen kuat terhadap kelestarian alam, baik Anies Baswedan maupun Muhaimin Iskandar sama-sama mempunyai pengalaman dalam berbagai jabatan publik.

Baca juga : Jokowi: Jangan Takut AI, Teknologi Tak Akan Bisa Kalahkan Manusia

"Pak Anies memiliki pengalaman sebagai Gubernur DKI Jakarta dengan kompleksitasnya akan sangat bermanfaat saat memimpin Indonesia. Sedangkan Gus Imin sebagai orang yang berakar kuat di pesantren mempunyai kemampuan tinggi dalam menggalang solidaritas publik," bebernya.

Devita juga menegaskan bahwa penanaman pohon untuk mengurangi peningkatan suhu bumi sebagai simbol harapan Kompakin pada pasangan AMIN, bahwa duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan dapat menjaga suhu politik menjelang pemilu 2024 agar tetap adem.

"Semoga pemimpin yang kita pilih adalah pemimpin yang amanah," kata Devita. Lantas, dijawab oleh peserta deklarasi, "Amin!".

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.