Dark/Light Mode

DPP Berani Jawa Tengah Pererat Toleransi Jelang Pemilu 2024

Selasa, 10 Oktober 2023 10:36 WIB
Badan Persaudaraan Antar Iman Berani Jawa Tengah menggelar dialog lintas iman bersama para perwakilan tokoh agama di Semarang. (Foto: Istimewa)
Badan Persaudaraan Antar Iman Berani Jawa Tengah menggelar dialog lintas iman bersama para perwakilan tokoh agama di Semarang. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Persaudaraan Antar Iman (Berani) Jawa Tengah menggelar dialog lintas iman bersama para perwakilan tokoh agama di Semarang, akhir pekan lalu.

Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah Gus Yusuf Chudlori memberikan pesan agar terus pupuk semangat kerukunan.

"Kekuatan kita adalah keberagaman. Dialog lintas iman seperti ini adalah waktu yang sangat baik untuk dapat memupuk semangat kerukunan," kata Gus Yusuf dikutip Selasa (10/10).

Menurutnya, PKB adalah partai yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama (NU). Bagi Gus Yusuf, PKB memiliki ideologi perjuangan untuk keberagaman dan menjaga Indonesia dari Intoleransi.

Baca juga : Profil Pangeran Brunei Abdul Mateen, Tajir Sudah Pasti, Blasteran Jepang-Inggris

Sementara itu, Ketua Umum DPP Berani Lorens Manuputty menyambut baik acara seperti ini dilakukan ini di Jawa Tengah untuk mempererat silaturahmi antar umat bangsa.

Sekedar informasi, beberapa tokoh agama hadir dalam acara tersebut di antaranya, Sutrarta dari Budha, Ida Bagus dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Pendeta Musa dari Perwakilan Kristen, tokoh-tokoh lintas iman dari Gereja Imanuel Blenduk, Christina Nanik Supriyati perwakilan dari Katolik.

Para tokoh agama sepakat bahwa keberagaman adalah kekuatan yang dimiliki dan di semarnag secara khusus Jawa Tengah umumnya jauh dari isu-isu intoleransi.

Lina Arliana selaku perwakilan dari muslim dan juga pengurus DPW Berani Jateng mengatakan, bahwa forum pertemuan seperti ini adalah waktu yang tepat untuk bisa saling merangkul dan kebersamaan antar umat beriman.

Baca juga : Bentuk Karakter Anak dengan Internalisasi Nilai Toleransi dan Nasionalisme

“Acara ini meminimalisir gesekan atar umat. Kita berupaya berjuang untuk terus memupuk semangat persatuan," tuturnya.

Ketua DPP Berani Bidang Organisasi kaderisasi dan Kelembagaan CL Tindra Matutino Kinasih mengatakan, acara seperti ini merupakan lanjutan tradisi dari apa yang dilakukan Gus Dur.

"Sebagai kader PKB yang bukan berasal dari Kalangan NU namun berasal dari latar belakang Katolik, cita-cita ideologis PKB yang bersumber dari nilai-nilai keberagaman Gus Dur," jelasnya.

Calon legislatif PKB ini mengakui perjuangan akan keberagaman dan kesetaraan harus di perjuangkan melalui jalur politik.

Baca juga : Gelar ToT BSNPG, Partai Golkar Solid Raih Kemenangan Pemilu 2024

"Kami punya visi untuk merekatkan toleransi beragama di Indonesia," ucap Tindra.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.