Dark/Light Mode

Ganjar Ajak Masyarakat Aktif Salurkan Aspirasi Publik Lewat Lapor Pres!

Kamis, 12 Oktober 2023 21:15 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Ganjar Pranowo (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo berbicara mengenai pemanfaatan aplikasi untuk menampung pelaporan atau aduan dari masyarakat.

Menurut Ganjar, perkembangan zaman seharusnya memberikan ruang luas kepada masyarakat untuk bisa melaporkan persoalan apa pun melalui sebuah portal pengaduan terintegrasi dan diakses secara mudah.

"Kita membangun komunitas mungkin yang peduli pada kelompok-kelompok yang penting kita positif untuk memberikan kontribusi bagi negara," kata Ganjar saat memberikan kuliah umum di Universitas Parahyangan, Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/10/2023).

Agar hal tersebut bisa dijalankan, kata Ganjar, dibutuhkan sebuah media yang mudah diakses.

Baca juga : Bamsoet Ajak Generasi Muda Tingkatkan Literasi Politik Bangsa

Dengan harapan, bisa menjadi sebuah agen terdepan menyelesaikan semua problem di masyarakat.

"Laporan satu pintu bisa gak? Bisa, kami ingin ada teknologi terintegrasi maka kalo ada problem di masyarakat saya lah yang akan jadi agen untuk menyelesaikan," ungkap Ganjar.

Menurut Ganjar, langkah tersebut sudah diaplikasikan ketika menjadi Gubernur Jawa Tengah melalui LaporGub.

Ia bilang LaporGub bermanfaat dalam mempercepat penyelesaian pembangunan maupun perbaikan infrastruktur.

Baca juga : Menkes Ajak Masyarakat Verifikasi Profil Di Aplikasi SATUSEHAT

Bahkan, sebut Ganjar, LaporGub ini sejalan dengan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang dibuat Pemerintah Pusat.

Laporan dari masyarakat nantinya akan sampai ke Presiden melalui aplikasi tersebut.

“Ada loh, di tingkat Presiden namanya Lapor, kalo di tingkat Gubernur namanya LaporGub. Kemudian saya membuat link, saya linkan antara LaporGub di daerah dengan aplikasi lapor kalo kita sudah ngomong sekarang LaporPres,” tutur Ganjar.

Ganjar menyebut, melalui aplikasi tersebut segala persoalan bisa diselesaikan secara cepat, birokrasi bisa dikendalikan sehingga masyarakat terlayani dengan baik.

Baca juga : Gelar Hapus Tato Gratis, Relawan Asandra Perkuat Nilai Keagamaan

“Sehingga semua persoalan bisa cepat, birokrasi bisa kita kendalikan untuk melayani mereka dengan prinsip tiga saja. Layanilah masyarakat dengan mudah, murah cepat pasti masyarakat suka,” ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.