Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ajak Publik Berpartisipasi, Ganjar Akan Buat Indikator Penilaian Bagi Menteri

Jumat, 13 Oktober 2023 20:25 WIB
Ganjad Pranowo (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Ganjad Pranowo (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo berbicara pentingnya sistem keterbukaan di dalam sebuah pemerintahan dengan melibatkan partisipasi publik.

Salah satu gagasan yang bakal dibuat oleh Ganjar yakni membuat Key Performance Indicator (KPI) atau indikator penilaian dari masyarakat terhadap seorang Menteri di dalam kabinet.

“Kita tawarkan kepada publik sehingga kalo kita bicara KPI di kabinet, maka kabinet yang akan duduk akan dinilai oleh masyarakat. Apakah dia cukup sukses membawakan kementeriannya,” ungkap Ganjar dalam acara diskusi Jaringan Indonesia (Jari) di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/10/2023).

Baca juga : JK Ingin Dinilai Ada Di Tengah

Menurut Ganjar dengan sistem seperti itu bisa menjadi motivasi kepada para menteri agar dapat bekerja secara maksimal karena dikontrol langsung oleh publik.

“Dan itu akan menjadikan achievement motivation kepada setiap menteri untuk dia mencapai targetnya karena publik mengontrol saya kira menjadi fair,” jelas Ganjar.

Sebagai calon presiden, Ganjar mengklaim wacananya ini belum pernah dilakukan selama ini.

Baca juga : Shopee Indonesia Stop Penjualan Barang Impor

Walaupun pada akhirnya menteri harus berasal dari partai politik, namun ia mewajibkan sosok tersebut mempunyai integritas yang baik.

“Saya mau membuat KPI untuk menteri belum ada kan? Mungkin (menteri) itu pilihan dari partai karena kompromi. Tapi cluenya begini, kadermu boleh, tapi kalo tidak bagus tapi harus cari yang lain dengan rekomendasi,” imbuh Ganjar.

Lebih jauh, Ganjar menyatakan sistem keterbukaan melalui digitalisasi menjadi sebuah keharusan di ruang publik agar masyarakat dapat mengawasi dengan seksama.

Baca juga : Air Bersih Gratis Srikandi Ganjar Bantu Ratusan Keluarga Di Serang Hadapi Krisis

"Kalau itu terjadi di ruang publik, kontrol sistemnya akan lebih mudah,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.