Dark/Light Mode

Prabowo Umumkan Bakal Cawapres Setelah Rapat 10 Menit, Gibran Tidak Datang

Minggu, 22 Oktober 2023 21:18 WIB
Ketum Partai Gerindra Prabowi Subianto bersama Ketum parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengumumkan nama Cawapres yang diusung KIM di Pilpres 2024. (Foto: PAN)
Ketum Partai Gerindra Prabowi Subianto bersama Ketum parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengumumkan nama Cawapres yang diusung KIM di Pilpres 2024. (Foto: PAN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal Capres Prabowo Subianto resmi mengumumkan bakal Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang akan maju di Pilpres 2024, malam ini Minggu (22/10).

Nama Cawapres yang akan mendampingi Prabowo itu adalah Gibran Rakabuming Raka. Putra sulung Presiden Jokowi.

"Kami telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo di kediamannya, Jakarta Selatan, Minggu (22/10).

Baca juga : Senin, MK Jadi Tontonan Lagi

Gibran Dipilih Setelah Rapat 10 Menit

Pengumuman ini dilakukan setelah rapat bersama para ketua umum KIM dilakukan, kurang dari sekitar 10 menit. Bahkan dua menit setelah Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) datang.

AHY diketahui tiba sekitar pukul 19.28 WIB. Lalu pukul 19.30 WIB Prabowo menggelar konferensi pers mengumumkan nama cawapres yang akan mendampinginya.

Baca juga : Kata Kiai, Prabowo akan Ditinggalkan Orang NU Kalau Gandeng Gibran

Singkatnya rapat penentuan cawapres Prabowo diakui oleh Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Dia bilang rapat para ketum KIM hanya sekitar 10 menit.

"Jadi pertemuan hari ini cuman berlangsung sekitar 10 atau 15 menit para ketum partai dan sekjen partai yang mengadakan pembicaraan tadi sudah bulat. Para ketua umum partai dan forum tadi memutuskan calon presiden dari KIM adalah Prabowo Subianto dan cawapres adalah Gibran Rakabuming," tuturnya.

Gibran Tidak Hadir

Hal tak biasa terjadi saat pengumuman cawapres dilakukan. Jika bisanya orang yang didaulat menjadi cawapres hadir, kali ini tidak. Gibran tidak terlihat saat Prabowo menggelar konferensi pers.

Baca juga : MK Jadi Penentu Jalan Politik Gibran

Namun sejumlah Ketum Parpol hadir. Diantaranya Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Partai Demokrat dan Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.