Dark/Light Mode

Hari Ini Putuskan Usia Cawapres

MK Jadi Penentu Jalan Politik Gibran

Senin, 16 Oktober 2023 08:00 WIB
Mahkamah Konstitusi (MK). (Foto: Antara)
Mahkamah Konstitusi (MK). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Senin (16/10/2023) jam 10 pagi, Mahkamah Konstitusi (MK) akan membacakan putusan uji materi yang telah bikin heboh se-Indonesia.

MK akan putuskan, apakah uji materi soal usia Capres-Cawapres akan dikabulkan atau ditolak. Putusan MK ini sudah ditunggu-tunggu dan jadi perhatian publik, sebab jadi penentu jalan politik Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. Kalau dikabulkan, tentunya Gibran punya kesempatan “naik kelas” ke level nasional dengan maju sebagai Cawapres 2024.

Baca juga : KPU Masih Cantumkan Umur Minimal 40 Tahun

Jelang pengambilan putusan, MK sudah menjadi sorotan publik. Kantornya yang terletak di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, silih berganti didatangi kelompok masyarakat. Ada yang meminta MK mengabulkan gugatan, ada juga yang berharap lembaga yang dipimpin Anwar Usman itu, menolak gugatan tersebut.

Minggu (15/10), puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa untuk Demokrasi menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung MK. Aksi ini terkait dengan putusan uji materiil Pasal 169 huruf q UU Pemilu tentang batas usia minimal Capres-cawapres yang akan diputus MK hari ini. Dalam aksinya, mereka membawa berbagai poster yang isinya menuntut MK menjunjung tinggi integritas.

Baca juga : Soal Batas Usia Capres-Cawapres, BEM SI Minta MK Jaga Independensi

Tak hanya kubu kontra, MK juga beberapa kali kedatangan dengan kelompok yang meminta agar gugatan itu dikabulkan. Umumnya, mereka yang memberikan dukungan pada MK, berasal dari relawan Gibran.

Soal ini, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad belum mau berandai-andai.

Baca juga : Besok MK Ambil Putusan, Gibran Cawapres Semakin Nyaring

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Gerindra ini mengakui, dukungan kepada Gibran untuk menjadi Cawapres Prabowo, semakin menguat. Sejumlah kader di berbagai daerah menginginkan Gibran menjadi Cawapres.

Namun, pihaknya masih harus menunggu putusan MK. Menurut Dasco, pengumuman soal Cawapres Prabowo akan disampaikan pada Senin atau Selasa besok. “Kami akan putuskan bersama ketua-ketua umum koalisi. Sekarang kita akan melihat saja dulu apa keputusan MK,” kata Dasco, di Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (15/10/2023).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.