Dark/Light Mode

Usai Putusan MK

Prabowo-Gibran Unggul

Jumat, 27 Oktober 2023 07:30 WIB
Bakal calon presiden Prabowo Subianto (kiri) dan bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka (kanan). (Foto: Antara)
Bakal calon presiden Prabowo Subianto (kiri) dan bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka (kanan). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal batas usia Capres-Cawapres, duet Prabowo Subianto-Rakabuming Raka terus melejit.

Hal itu terpotret pada hasil survei terkini lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) terkait bursa Capres-Cawapres. “Elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 36,1 persen,” ujar peneliti IPI, Burhanuddin Muhtadi, saat merilis hasil survei secara daring, kemarin.

Baca juga : Ketum ReJO: Masa Depan Indonesia Di Tangan Prabowo-Gibran

Sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, kalah tipis di angka 33,7 persen. Kontestan lainnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, meraih angka 23,7 persen. Sementara mereka ya tidak tahu atau tidak men­jawab sebesar 6,5 persen. “Ketika Prabowo bergandengan dengan Gibran justru turun tipis dari 37 persen ke 36 persen,” katanya.

Meski begitu, secara personal di bursa, Capres Prabowo masih unggul atas Ganjar dan Anies. Prabowo, meraih 37 persen. Sementara Ganjar Pranowo 34,8 persen, dan Anies Baswedan 22,3 persen.

Baca juga : Jadi Mentan Lagi, Amran Langsung Gaspol

Meski Prabowo masih unggul, Burhanuddin menduga ada suara pendukung Prabowo Subianto yang beralih ke Anies Baswedan setelah ada putusan MK.

Dalam catatannya, mereka yang pindah itu adalah pemilih kritis terhadap Presiden Joko Widodo. Sehingga, ketika Prabowo berpasangan dengan Gibran yang merupakan putra sulung Jokowi, mempenga­ruhi sikap mereka. “Yang pasti ada sebagian pendukung Pak Prabowo lama yang pindah ke Anies. Makanya suara Anies-Muhaimin bertambah dari 22,3 persen menjadi 23,7 persen," ungkapnya.

Baca juga : Prabowo-Gibran Seperti Parade Kemenangan

Diketahui, survei dilakukan setelah putusan MK pada 16 Oktober 2023. Survei, digelar hingga 20 Oktober 2023 terhadap 2.567 responden. Survei dilaku­kan melalui tatap muka. Target populasi survei WNI berusia 17 tahun atau sudah menikah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.