Dark/Light Mode

Soroti Kesetaraan Demokrasi, Kongres Pemuda Undang Gibran Debat Terbuka

Minggu, 29 Oktober 2023 09:48 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah perwakilan pemuda dari berbagai wilayah se-Indonesia menyelenggarakan Kongres Pemuda Nasional dari tanggal 24 hingga 28 Oktober 2023, di Jakarta dan Banten.

Kongres membahas dan menyoroti sejumlah isu. Mulai dari demokrasi, lingkungan, ekonomi digital kerakyatan, serta keadilan desa.

Dalam sambutannya, Koordinator Presidium Kongres Pemuda Nasional Riyan Hidayat mengatakan, demokrasi membuka ruang kepada seluruh anak bangsa untuk dapat berkompetisi.

Baca juga : OSO Sebut Sumpah Pemuda Momen Kebangkitan Daerah

"Semua anak bangsa harus difasilitasi secara adil dalam mengikuti kompetisi dalam demokrasi. Kesetaraan itu menjadi salah satu prasyarat terciptanya kompetisi yang bersih," kata Riyan, Sabtu (28/10/2023). 

Ia juga mengatakan bahwa kehadiran Gibran dalam kontestasi pilpres 2024 adalah angin segar bagi anak muda untuk bisa berperan.

Namun pada saat bersamaan, ancaman abuse of power juga membersamai.

Baca juga : Kapolri-Panglima Kompak Serukan Persatuan-Kesatuan

"Saudara Gibran adalah anak Jokowi yang saat ini sedang menjabat sebagai Presiden. Di situlah ancamannya. Bagaimana Presiden meyakinkan publik bahwa gelanggang pilpres ini akan fair?" tanya mantan ketua BEM UIN Jakarta ini.

Selanjutnya, Riyan menyampaikan undangannya kepada Gibran untuk berani tampil menyampaikan gagasannya kepada publik.

"Ini undangan debat terbuka kepada saudara Gibran. Silahkan Anda tentukan temanya, tempatnya, dan kapan akan dilaksanakan," tutupnya

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.