Dark/Light Mode

Menu Makan Siang Jokowi Bareng 3 Capres: Ayam Kodok Hingga Es Laksamana Mengamuk

Senin, 30 Oktober 2023 14:09 WIB
Presiden Jokowi saat menjamu tiga calon presiden makan siang bersama di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin (30/10) siang. (Foto: BPMI)
Presiden Jokowi saat menjamu tiga calon presiden makan siang bersama di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin (30/10) siang. (Foto: BPMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengundang tiga calon presiden (capres) makan siang di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10). Lalu apa saja menu makanan yang disajikan Jokowi kali ini?

Acara makan siang dimulai sekitar pukul 12.30 WIB. Ketiga capres yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto duduk mengelilingi meja bundar bersama presiden Jokowi.

Ada sejumlah makanan yang sudah tersaji di meja bundar tersebut. Ganjar dan Prabowo tampak memutar-mutar meja makanan sambil tertawa. Presiden Jokowi dan Anies tampak tertawa melihat tingkah keduanya.

Di meja makan tersaji beberapa menu diantaranya nasi putih, soto lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, dan bebek panggang. 

Baca juga : Benarkan Rencana Pertemuan Jokowi Dengan 3 Capres, Ngabalin: Biar Adem Dan Damai

Selain itu tampak juga cumi goreng, udang goreng telur asin, kaylan cah sapi, hingga sajian minuman es laksamana mengamuk serta jus jeruk.

Usai makan siang, Ganjar mengaku makan dengan lahap bareng presiden. "Saya makan banyak," aku mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Sementara Prabowo mengaku senang bisa ngumpul bareng rivalnya di Pilpres nanti. Ia juga merinci menu apa saja yang disajikan kepala negara saat makan siang bersama tadi.

"Kita juga dalam suasana yang akrab. Dan tadi kami juga ucapkan terima kasih diundang. Kalau enggak diundang kita jarang bisa kumpul ya," ucap Prabowo di hadapan awak media.

Baca juga : Mahfud Menghadap Jokowi Di Istana Tadi Sore, Bahas Cawapres Hingga Kerjaan Menko

Sementara Anies dalam kesempatan itu menyampaikan harapan rakyat agar para aparat bisa menjaga netralitasnya di dalam perhelatan pilpres mendatang. Menurut Anies, Presiden Jokowi juga menekankan hal itu kepada para kepala daerah hingga TNI-Polri terkait netralitas tersebut.

"Kami melihat itu adalah pesan penting yang bisa membuat pilpres kita besok berjalan dengan aman, damai, karena seluruh unsur penyelenggara menunjukkan sikap yang netral, yang profesional. Jadi itu salah satu yang kami sampaikan kepada beliau dan beliau merespons positif, baik, sehingga diskusi kita juga tadi lancar," jelas Anies.

Ganjar juga menilai bahwa Presiden Jokowi akan mendukung sistem demokrasi yang baik. Ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga agar pemilu bisa berjalan dengan baik, damai, dan adil.

"Beliau orang baik, insyaallah juga akan mendukung sistem demokrasi yang baik, dan mudah-mudahan tadi apa yang disampaikan oleh beliau-beliau juga insyaallah akan bisa dilaksanakan," harap Ganjar.

Baca juga : Buntut Putusan MK Soal Usia Capres, Anwar Usman Dituding Lakukan Nepotisme

Jagoan Banteng ini juga mengajak  semua pihak untuk menjaga pemilu agar berlangsung damai, para aparaturnya imparsial dan semua prosesnya bisa berjalan dengan adil.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.