Dark/Light Mode

Mau Cek Daftar Caleg Pemilu 2024, Begini Caranya

Jumat, 3 November 2023 18:43 WIB
Pengumuman DCT Pemilu 2024. (Foto: KPU)
Pengumuman DCT Pemilu 2024. (Foto: KPU)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan nama-nama caleg yang masuk Daftar Calon Tetap (DCT) secara luas kepada masyarakat melalui situs infopemilu.kpu.go.id mulai Sabtu (4/11/2023). DCT juga bisa diakses oleh publik lewat sejumlah media massa nasional.

Dengan demikian, kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, masyarakat dapat mencermati nama-nama caleg yang masuk DCT sesuai parpol dan dapil masing-masing, lengkap dengan nomor urut caleg tersebut. Namun, kata dia, KPU belum akan mengumumkan daftar riwayat hidup atau curuciulum vitae (CV) para caleg kepada masyarakat.

Baca juga : KPU Umumkan DCT Pemilu 2024, Segini Lho Jumlah Caleg DPR Dan DPD

Menurut dia, KPU perlu meminta izin terlebih dahulu ke parpol untuk dapat mempublikasikan riwayat hidup pada caleg untuk menghormati ketentuan yang ada dalam Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi. Hasyim mengaku, optimis seluruh parpol akan memublikasikan daftar riwayat hidup itu karena menyangkut profiling atau citra diri masing-masing calon.

"Kami juga meyakini calon-calon juga ingin mempublikasikan dirinya," kata dia.

Baca juga : Tahun Politik, Pasar Modal Diramal Bergairah

Untuk diketahui, KPU mengumumkan DCT pada Pemilu 2024. Sebanyak 9.917 caleg untuk DPR dinyatakan lolos. Rinciannya, 6.241 laki-laki dan 3.676 perempuan. Jumlah itu berkurang dua orang dari Daftar Calon Sementara (DCS) sebanyak 9919 caleg.

"Jumlahnya yang memenuhi syarat itu 9.917 dari 18 partai politik (parpol) dan tersebar di 84 daerah pemilihan di seluruh Indonesia," ujar Hasyim.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.