Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Komitmen Kerakyatan

Relawan JAGA-NU Jabar Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud Di Pilpres 2024

Senin, 6 November 2023 21:08 WIB
Jaringan Ganjar Nusantara JAGA-NU Jawa Barat Jabar mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI. (Foto: Ist)
Jaringan Ganjar Nusantara JAGA-NU Jawa Barat Jabar mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jaringan Ganjar Nusantara (JAGA-NU) Jawa Barat (Jabar) mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI.

Relawan yang terdiri dari kiai, ulama dan pimpinan pondok pesantren (ponpes) se-Jabar ini menyatakan deklarasi dalam acara silaturahmi di Hotel Puri Khatulistiwa, Jalan Raya Jatinangor, Cibeusi, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jabar, Senin (6/11/2023).

KH Imam Pituduh selaku Koordinator Wilayah JAGA-NU Jabar mengatakan, dukungan pihaknya kepada Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024 merupakan sebuah komitmen kerakyatan.

“Komitmen JAGA-NU untuk memenangkan Ganjar-Mahfud ini adalah komitmen kerakyatan. Spirit dan gerakannya adalah gerakan rakyat, gerakan spiritual, dan gerakan dari, oleh, dan untuk masyarakat,” kata KH Imam.

Baca juga : Ratusan WNI Di Amerika Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud Jadi Presiden

KH Imam mengatakan, komitmen kerakyatan ini lahir dari aspirasi para kiai, ulama, dan pimpinan ponpes terkait kepemimpinan Ganjar-Mahfud. Menurut mereka, keduanya adalah pasangan ideal untuk memimpin NKRI.

“Selaras dengan kehidupan berbangsa dan bernegara, sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia bahwa ya harus benar-benar sesuai dengan kualifikasi nasional dan religius,” kata KH Imam.

KH Imam berharap, kepemimpinan bangsa yang dinahkodai oleh Ganjar-Mahfud MD bisa membawa NKRI menjadi lebih baik. KH Imam optimis pasangan ini dapat menjaga keberagamaan di Indonesia.

“Harapannya bisa menjaga konstitusi dengan murni dan konsekuen. Menjaga pancasila, binneka tunggal ika, NKRI, dan undang-undang dasar 45  secara murni dan konsekuen. Sesuai dengan spirit kebangsaan kita,” tuturnya.

Baca juga : Diaspora Eropa Bersatu Gelar Kampanye Akbar Dukung Ganjar-Mahfud

Sementara Ketua Koordinator Nasional JAGA-NU, KH Abdul Manan Ghani menjelaskan, para kiai, ulama, dan pimpinan ponpes di Jabar juga menilai Ganjar-Mahfud punya komitmen tinggi untuk menciptakan pemerintahan bersih dan bebas dari korupsi. 

KH Manan mengatakan, mereka mendambakan kepemimpinan tegas seperti itu agar Indonesia semakin baik di masa depan.

“Para kiai di Jabar melihat pasangan ini adalah pasangan yang serasi karena kami berharap ke depan Indonesia menjadi negara yang penegakkan hukumnya lebih baik daripada yang lalu-lalu. Sehingga para kiai semangat untuk berupaya memenangkan Bapak Ganjar Pranowo-Mahfud MD,” tutur KH Manan.

Terlebih lagi, KH Manan menyebut Ganjar-Mahfud memiliki segudang pengalaman yang dapat menjadi bekal berharga untuk memimpin seluruh masyarakat Indonesia periode 2024 - 2029.

Baca juga : Ribuan Relawan Buruh Sahabat Ganjar Riau Deklarasi Dukung Ganjar - Mahfud di Pemilu 2024

Ganjar punya track record memimpin daerah sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dua periode dan menjadi anggota DPR RI, sementara Mahfud MD kaya akan pengalaman menteri dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

“Track record-nya itu sudah maklum yang namanya Pak Ganjar dan Pak Mahfud penegakkan hukumnya bagus dan berani menghadapi. Jadi para kiai optimis untuk bekerja dan berjuang untuk pasangan ini,” tutur KH Manan.

Hadir dalam deklarasi tersebut KH Ali Sururi, KH Munawir Al Qosimi, KH Ahmad Ruhyat Hasby, KH Ade Ismail, Habib Mudhor, dan ulama, kiai, beserta pimpinan ponpes lainnya se-Jabar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.