Dark/Light Mode

Yakin Menang Pilpres 1 Putaran, Gibran: Kami Pastikan, Lampung Paling Tinggi

Sabtu, 11 November 2023 21:29 WIB
Bacawapres Gibran Rakabuming Raka (ketiga kiri) dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani dalam acara konsolidasi Koalisi Indonesia Maju di Bandarlampung, Sabtu (11/11/2023). (Foto: Instagram)
Bacawapres Gibran Rakabuming Raka (ketiga kiri) dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani dalam acara konsolidasi Koalisi Indonesia Maju di Bandarlampung, Sabtu (11/11/2023). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bacawapres Gibran Rakabuming Raka yakin dengan semangat pendukungnya, bahwa Prabowo-Gibran akan menang satu putaran di Pilpres 2024.

"Bapak dan Ibu sekalian, saya yakin bisa menang 1 putaran. Akan kami pantau terus angka-angkanya. Pantau terus pergerakan akar rumput di bawah. Akan kami sosialisasikan terus visi, misi, dan program Prabowo-Gibran. Kami pastikan, di Lampung ini angkanya paling tinggi," dalam acara konsolidasi Koalisi Indonesia Maju di Bandarlampung, seperti dikutip ANTARA, Sabtu (11/11/2023). 

Putra sulung Presiden Jokowi ini mengingatkan seluruh pendukungnya, untuk bekerja keras memenangkan Pilpres 2024. Jangan terlena oleh hasil survei yang melaporkan elektabilitas tinggi. 

"Tetap jangan lengah, dan terus memperlebar jarak kemenangan," ucapnya.

Survei Indo Barometer

Baca juga : Menangkan Golkar Dan Gibran, BSNPG Kuatkan Saksi Di Jateng

Hasil survei Indo Barometer terbaru yang dipublikasikan pada Sabtu (11/11/2023) menunjukkan, Prabowo-Gibran unggul dengan angka 34,2 persen.

Jauh meninggalkan Ganjar-Mahfud (26,2 persen) dan Anies-Muhaimin 18,3 persen.

Terkait hal ini, Peneliti Indo Barometer Christopher Nugroho menjelaskan alasan, mengapa Prabowo-Gibran unggul.

Menurutnya, hal ini antara lain disebabkan oleh sejumlah keunggulan yang dimiliki Prabowo. Antara lain, Prabowo paling dikenal dan disukai. Selain itu, dia juga mendominasi aspek evaluasi kepribadian dan kemampuan capres.

Baca juga : Populi Center: Prabowo-Gibran Pasangan Paling Bisa Meneruskan Jokowi

"Alasan paling dominan memilih presiden saat ini adalah tegas dan berani," papar Christopher.

Mencermati hasil survei kali ini, lanjutnya, tidak menutup kemungkinan Pilpres 2024 berlangsung dalam satu putaran.

"Kalau kita buat proyeksinya, posisi suara Prabowo-Gibran mencapai 43,5 persen. Ganjar-Mahfud 33,3 persen, dan Anies-Muhaimin 23,2 persen. Hasil ini diperoleh dengan mendistribusikan secara proporsional/normal suara yang belum memutuskan, rahasia atau tidak menjawab," urai Christopher.

Survei Indo Barometer digelar pada tanggal 25-31 Oktober 2023. Survei dilaksanakan di 38 provinsi dengan melibatkan 1.230 responden.

Baca juga : Ganjar: Tak Ada kekuatan Atau Alat Yang Bisa Kalahkan Rakyat

Margin of error ada pada angka 2,79 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.