Dark/Light Mode

Puan Tanggapi Jokowi Restui Gibran Jadi Cawapres Pendamping Prabowo

Minggu, 22 Oktober 2023 15:59 WIB
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: RM/Randi Tri Kurniawan)
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: RM/Randi Tri Kurniawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua PDI Perjuangan Puan Maharani menanggapi Presiden Jokowi yang merestui putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka maju dalam kontestasi Pilpres 2024 yang belakangan digadang-gadang bakal mendampingi Prabowo Subianto.

Menurut Puan, restu Jokowi itu wajar diberikan oleh seorang ayah. Karena setiap ayah pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya.

"Seorang bapak akan mendukung yang terbaik untuk anaknya," kata Puan dalam keterangannya, usai menghadiri peringatan Hari Santri Nasional 2023, di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10).

Namun, Ketua DPR ini enggan berandai-andai lebih jauh soal kabar majunya Gibran sebagai cawapres. 

Ia mengaku masih menunggu tanggapan langsung dari Wali Kota Solo itu terkait rencana maju sebagai pendamping Prabowo.

Baca juga : Partai Garuda Deklarasi Dukung Gibran Cawapres Prabowo, Anggap Wakili Milenial

"Kan baru dicalonkan atau direkomendasikan. Jadi, kita tunggu dulu apa tanggapan Gibran," tutur Puan. 

Ia juga setuju dengan sikap Jokowi yang mendukung seluruh capres yang maju di Pilpres 2024. Menurut Puan, hal itu memang sudah seharusnya dilakukan oleh Jokowi sebagai pemimpin negara yang negarawan.

"Seorang negarawan harus seperti itu, enggak menyatakan dukungan ke salah satu calon dalam kontestasi Pilpres yang akan datang," terangnya.

Karena itu ia menepis kabar yang bersileweran bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta itu memberikan dukungan secara khusus kepada Prabowo untuk Pilpres 2024.

"Kan ada dua yang sudah mendaftar, apa yang dilakukan Pak Jokowi menurut saya beliau pasti bisa menempatkan dirinya sebagai Presiden RI, Presiden seluruh rakyat Indonesia," katanya lagi. 

Baca juga : Golkar Dukung Gibran Jadi Cawapres, Prabowo Puji Airlangga

Puan juga mengaku tak masalah melihat aksi Gibran, selaku kader PDIP yang belakangan ini aktif sowan ke sejumlah petinggi partai pendukung Prabowo maju di Pilpres 2024.

Ia juga ditanya soal rencana Gibran yang ingin mengunjungi petinggi partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) pendukung Prabowo.

Puan menilai, bukan berarti Gibran akan berpaling dari partainya sendiri yang sudah memutuskan mengusung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024. "Saya PDI-P juga sowan (ke Koalisi Indonesia Maju), silaturahmi ke semua partai. Jadi silaturahmi itu suatu hal yang wajar dan dilakukan," terang Puan.

Lebih jauh, Puan juga membantah kabar ada ketegangan antara Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dengan Jokowi.

"Saya PDI-P juga sowan, silaturahmi ke semua partai. Jadi silaturahmi itu suatu hal yang wajar dan dilakukan," ungkapnya.

Baca juga : Tok! Golkar Resmi Dukung Gibran Jadi Cawapres Prabowo Di Pilpres 2024

Ia membantah jika disebutkan ada ketegangan hubungan antara ibunya yakni Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Jokowi terkait Pilpres 2024.

"Saya ingatkan kasih ibu itu sepanjang masa, Ibu Mega sangat sayang dalam artian sayang sebagai kader terbaik, jadi Ibu Mega berharap apa pun yang dilakukan Pak Jokowi sebagai kader PDI-P adalah yang terbaik untuk bangsa dan negara," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.