Dark/Light Mode

Ini Hasil Polling Akun X Rakyat Merdeka: Ganjar-Mahfud Juara

Kamis, 16 November 2023 19:04 WIB
Hasil polling Capres Rakyat Merdeka di akun X @_rakyatmerdeka. (Foto Dok Harian Rakyat Merdeka/RM.id)
Hasil polling Capres Rakyat Merdeka di akun X @_rakyatmerdeka. (Foto Dok Harian Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tinggal tiga bulan lagi. Netizen sudah mulai memilih pasangan yang mereka idolakan di berbagai polling akun media sosial. Salah satu yang bikin jajak pendapat adalah akun X (dulu Twitter) surat kabar politik Tanah Air, Harian Rakyat Merdeka @_rakyatmerdeka. Polling pasangan calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) 2024 itu berlangsung sepekan pada 9-15 November 2023.

Dalam polling Rakyat Merdeka di tiga hari pertama, tampak pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) berada di posisi teratas (lebih dari 45 persen). Namun, di hari selanjutnya hingga waktu penutupan, duet Ganjar Pranowo-Mahfud MD melejit di posisi pertama, 75 persen. Meninggalkan AMIN di posisi kedua dengan angka 19 persen, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di posisi ketiga dengan raihan 6 persen.

Netizen yang mengamati jajak pendapat itu dari awal mengomentari soal perolehan suara. Mereka mencurigai, bot sudah menyusup dalam jajak pendapat itu. Pasalnya dari 523 yang memberi komen, akun @bambang06677637 menghitung, 517 menyatakan dukungan untuk AMIN.

"Sebanyak 90 persen yang komentar pendukung Amin. Tapi hasil survey Ganjar menang telak. Apakah pendukung ganjar di sini.........atau bot?" heran akun @bambang06677637.

Hingga penutupan, jajak pendapat di akun X Harian Rakyat Merdeka dilihat 106.000 kali, disebarkan 764 kali, dan diikuti 40.448 akun. Yang menulis komentar sebanyak 523 akun.

Netizen antusias menyatakan opini mengenai jagoan mereka. Warganet pemilik akun @NasrudinLobang1 berharap, jagoannya yang menang dalam Pilpres 2024.

 "Insya Allah 'AMIN' menang, salam perubahan menjadi lebih adil dan sejahtera bagi seluruh rakyat indonesia," kicaunya disambut akun @enjang_as.

Baca juga : Bersama Kiai Muda Jatim, Ribuan Warga Doakan Ganjar-Mahfud Pimpin Indonesia

"Sudah waktunya Indonesia punya Presiden yang cerdas. Biar bisa mengimbangi dan bergaul dengan pemimpin dunia. Muhaimin Iskandar berpengalaman di dunia politik dan bisa mempersatukan beragam komponen bangsa," sambungnya.

Akun X @Purwanto_qowiyy memakai kalimat berima untuk mendukung jagoannya. "Banteng jalannya lurus, silahturahmi jangan putus, perubahan wajib terus, Amin semakin maknyus.

 Namun netizen lain menyindir pasangan calon lain.

"Lawan Nepotisme. Menangkan Ganjar-Mahmud," ajak akun @Rahmah0845. Disambut komen @jufrisusanton yang menyebut, kemungkinan besar pilihan jatuh ke paslon Ganjar-Mahfud.

"Salah satu kebutuhan paling urgen Indonesia itu reformasi hukum. Pengen banget ekosistem hukum di Indonesia itu diperbaiki, terutama penegakannya yang nggak tumpul ke bawah. Sosok Mahfud yang paling kapabel soal itu," harap @jufrisusanto.

Sementara akun @denijokos optimistis dengan pasangan lintas generasi. Ia yakin, Gibran akan membawa perubahan. "Gibran mudah-mudahan membawa perubahan," tulisnya.

Sedangkan akun @mindoko12, mengajak netizen berkepala dingin dalam mendukung dan beropini. "Sampaikan kelebihan pilihan kita tanpa merendahkan yang lainnya, semoga saudara semua selalu dalam kebaikan," cuitnya.

Baca juga : Mardiono: Insya Allah Nomor Urut 3 Berkah Untuk Ganjar-Mahfud Menang Pilpres

Perlu digarisbawahi, pilihan di media sosial tidak mencerminkan kondisi nyata di lapangan. Namun sejak Pilpres 2014, media sosial sudah jadi alat kampanye yang cukup efektif. Setiap Capres menggunakan akun media sosial untuk menunjukkan prestasi masing-masing dalam merayu pemilih.

Menurut data dari We Are Social, pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 191 juta orang pada Januari 2022. Jumlah itu telah meningkat 12,35 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 170 juta orang.

Setiap platform medsos memiliki karakteristik tersendiri. Media sosial X, cenderung bebas dan mudah untuk mengemukakan opini karena kemudahan menggunakan akun anonim. Sementara IG relatif jaim dan merupakan wadah visual. Sedangkan Facebook bisa dibilang campuran antara X dan IG.

Popularitas masing-masing Capres-Cawapres juga berbeda di masing-masing platform.

Di Facebook akun resmi Prabowo mendominasi, dengan jumlah followers 10 juta. Angka tersebut jauh di atas Ganjar yang hanya 2,3 juta, dan Anies 2 juta. Untuk masing-masing pasangannya, Muhaimin yang paling tinggi yakni 1,1 juta, sementara Gibran punya pengikut 170 ribu, dan Mahfud 101 ribu.

Pada akun X yang dikenal lebih bebas dan panas perdebatannya, Anies menang tipis dengan jumlah 4,9 juta dibandingkan Prabowo sebanyak 4,7 juta followers. Sementara Ganjar punya 3,4 juta pengikut. Sementara sebagai capres, Mahfud unggul 4,4 juta pengikut. Diikuti Gibran 1,2 juta. Sementara akun X pribadi yang diduga milik Cak Imin: @cak_imin hanya tiga ribuan.

Adapun Ganjar menang pada jumlah followers di Instagram sebanyak 6,4 juta, unggul tipis dari Prabowo yang punya 6,5 juta. Sementara Anies yang memiliki pengikut 6,1 juta. Sedangkan para capres: Imin diikuti 2,2 juta sedangkan Gibran punya pengikut 1,4 juta, mengekor Mahfud 1,2 juta.

Baca juga : Mahfud Yakin Luki Hermawan Mampu Menangkan Ganjar-Mahfud Di Jatim

Berikut Pemenang Merchandise Polling Capres-Cawapres di akun X surat kabar politik Tanah Air, Harian Rakyat Merdeka @_rakyatmerdeka: @NasrudinLobang1

@enjang_as

 @denijokos

 @mindoko12

@Rahmah0845

@jufrisusanto

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.