Dark/Light Mode

Ngaku Cocok Dengan NU, Prabowo: Saya Jenderal, Saya Juga Gusdurian

Sabtu, 18 November 2023 17:48 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat memberikan sambutan dalam acara pengukuhan Guru Besar Kehormatan Universitas Islam Malang, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (18/11/2023). (Foto: Istimewa)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat memberikan sambutan dalam acara pengukuhan Guru Besar Kehormatan Universitas Islam Malang, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (18/11/2023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku banyak memiliki kecocokan dengan Nahdlatul Ulama (NU). "Kayaknya, saya sejak dulu memang cocok dengan NU," kata Prabowo, dalam acara pengukuhan Guru Besar Kehormatan Universitas Islam Malang (Unisma) Prof Dr KH Ali Masykur Moesa SH, MHum, MSi di Kota Malang, Jawa Timur, seperti dilansir ANTARA, Sabtu (28/11/2023).

"Saya juga dekat dengan mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Saya jenderal, tapi saya juga Gusdurian," imbuhnya.

Prabowo menjelaskan, dia merasa dekat dengan NU karena ormas tersebut dinilainya sangat menjaga Islam yang moderat, sejuk, dan melindungi semuanya.

Baca juga : Tak Ada Khofifah Dalam TKN Prabowo-Gibran, Nusron: Masih Jabat Gubernur

Kedekatan itu sudah lama dipupuk, melalui hubungan dari berbagai organisasi yang dilahirkan NU.

"NU mengajarkan Islam yang sejuk, toleran, melindungi semua, nggak mengizinkan kekerasan, ekstremisme," tutur capres yang berpasangan dengan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Pada hari yang sama, Prabowo juga membuka Mukernas III Pimpinan Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PP ISNU) di Kompleks Pasca Sarjana Pesantren Al Hikam Malang.

Baca juga : Disebut Berubah, Sudah Banyak Bercanda, Prabowo: Namanya Juga Sudah 2 Kali kalah

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo mengajak bangsa Indonesia bersatu, karena bangsa Indonesia adalah satu saudara besar.

"Kita bisa saja bertanding dan berkompetisi, tapi kita harus tahu bahwa kita adalah satu saudara yang besar. Karena itu, kita harus bersatu membangun rakyat," tuturnya.

"Saya ajak ISNU membangun bangsa dan negara ini," pungkas Prabowo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.