Dark/Light Mode

Pengamat: Ganjar Perkuat Pelayanan Publik Jateng Selama Jadi Gubernur

Kamis, 14 September 2023 22:50 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pakar komunikasi dan administrasi publik, Agung Firman Sampurna menyatakan, prestasi Ganjar Pranowo dalam membangun pelayanan publik yang kuat dan responsif membuktikan komitmen dan dedikasinya untuk memajukan Jawa Tengah, serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya.

Agung mengangkat penguatan pelayanan publik sebagai salah satu capaian gemilang dari Ganjar Pranowo selama 10 tahun memimpin Jawa Tengah.

Pernyataan ini disampaikan oleh Firman saat membedah buku berjudul "Hitam Putih Ganjar, Jejak Kepemimpinan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah".

Dalam bedah buku tersebut, Ketua BPK 2019-2022 itu melakukan analisis mendalam dengan memfokuskan pada kata kunci tertentu.

Baca juga : Pengguna Platform Penyedia Jasa Menjamur, Pekerja Layak Jadi Mitra

Hasilnya, tercatat sebanyak 301 kali kata "masyarakat" dikutip dalam buku tersebut. Selain itu, ada 106 kali kata "pelayanan" dan 53 kali kata "pelayanan publik" yang diangkat dalam buku dengan 15 bab tersebut.

Menurut Firman, insight pertama yang dapat diambil dari buku ini adalah tentang pelayanan publik.

Hal ini, menurutnya, sejalan dengan tujuan utama dari pembentukan pemerintah daerah, yaitu sebagai instrumen pelayanan publik.

"Dengan cermati isi buku tersebut bahwa peningkatan pelayanan publik, itu menjadi insight pertama dari buku ini," ujar Firman dalam acara bedah buku di Jakarta Pusat.

Baca juga : Pengamat Unair: Manifesto Ganjar Mengedepankan Nalar Menolak Politik Identitas

Firman juga menyoroti upaya nyata Ganjar dalam memperkuat pelayanan publik, terutama melalui pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP).

"Data per Februari 2023, Jateng memiliki 28 MPP, jumlah terbanyak dibandingkan daerah lainnya. Total MPP di Indonesia per Februari 2023, adalah 110, dengan 65 berada di Pulau Jawa, 15 di Sumatera, 13 di Kalimantan, 13 di Sulawesi, 3 di Bali, dan 1 di NTT," papar Firman.

Penguatan ini didukung oleh peningkatan kapasitas kelembagaan. Hal ini terlihat dari sejumlah data survei terkait pelayanan publik.

Indeks Reformasi Birokrasi Pemprov Jateng per 2022 mencapai sekitar 80 persen.

Baca juga : Pengamat: Ganjar Berhasil Jadikan Jateng Good Governance

Selain itu, integritas Pemerintah Provinsi Jateng juga terbilang tinggi, dengan survei penilaian integritas mencapai 78,17 persen.

Tak hanya itu, tingkat kepuasan masyarakat juga tercatat tinggi, dengan Indeks Kepuasan Masyarakat pada angka 83,50 persen, menurut data Pemprov Jateng per 2022.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.