Dark/Light Mode

Menginap Di Rumah Warga, Ganjar Memang Beda Dengan Capres Lain

Selasa, 21 November 2023 16:08 WIB
Ganjar Pranowo saat menginap di rumah warga. (Foto : Ist)
Ganjar Pranowo saat menginap di rumah warga. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Guru Besar Komunikasi Universitas Airlangga, Henri Subiakto menilai cara Ganjar Pranowo yang selalu menginap di rumah warga menunjukan jiwa pemimpin yang tidak berjarak dengan masyarakat kecil.

Menurut Henri Subiakto, menunjukkan tidak berjarak dengan masyarakat kecil, masyarakat biasa.

"Karena memang asal-muasal Pak Ganjar sendiri adalah masyarakat biasa. Karena agak beda dengan capres yang lain maupun cawapres yang lainnya,” kata pakar bidang komunikasi politik ini saat dihubungi, Selasa (21/11/2023). 

Ia menuturkan, Ganjar Pranowo berasal dari kalangan masyarakat biasa. Ayah Ganjar yang bernama Parmudji Pramudi Wiryo hanyalah seorang polisi purnawirawan dengan pangkat Letnan Satu (Lettu).

Sehingga, menurutnya wajar apabila Ganjar dekat dan mudah berbaur dengan masyarakat. 

Baca juga : Tiba Di Jayapura, Yel Yel Ganjar-Mahfud For Tanah Papua Menggema Sambut Capres Berambut Putih

“Dia memang berasal dari masyarakat biasa, maka logis kalau dia juga dekat dengan masyarakat biasa. Dekat dan mencoba untuk memahami denyut keinginan, aspirasi maupun juga ingin mengetahui apa yang dirasakan oleh masyarakat biasa,” katanya. 

Kebiasaan Ganjar yang bisa dan selalu dekat dengan rakyat, menurutnya itu sebuah kelebihan seorang pemimpin.

Dia mengatakan, apa yang dilakukan Ganjar hampir sama seperti yang dilakukan oleh sahabat Nabi Muhammad SAW, yakni Umar bin Khattab. 

“Itu justru kelebihan ya kelebihan seorang pemimpin seperti itu. Kalau Umar bin Khattab kan juga ketika ingin mengetahui apa yang terjadi di masyarakatnya, juga datang ke rumah-rumah penduduk, rumah-rumah masyarakat. Itu telah dilakukan yang bagus dari sisi itu,” ucapnya. 

Dia juga menilai, apa yang dilakukan Ganjar menunjukan bahwa Ganjar bukanlah seorang yang tinggi hati, meski Ganjar pernah menjabat anggota DPR-RI dan Gubernur Jawa Tengah, masing-masing selama dua periode, dan kini menjadi calon presiden. 

Baca juga : Israel Sangat Biadab

“Ini menunjukkan bahwa beliau bukan orang yang tinggi hati atau tinggi mengambil status, walaupun sekarang calon presiden atau juga pernah jadi gubernur, itu kan tinggi sebenarnya. Tapi dia masih bisa melayani, saya yakin Pak Ganjar juga capek ketemu sama banyak orang itu. Ke rumah-rumah itu pasti capek, tapi dia masih bisa melayani dengan tersenyum, dengan keramahan, itu adalah mekanisme psikologi yang tidak mudah,” jelasnya. 

Menurutnya, apa yang dilakukan Ganjar tidak bisa ditiru oleh calon presiden yang lain. Sebab, apa yang dilakukan Ganjar sudah menjadi kebiasaan, dan Ganjar melakukkanya dengan senang hati. Dibutuhkan energi dan komitmen yang besar untuk bisa melakukan seperti yang dilakukan Ganjar. 

“Ya mungkin memang karena beliau suka ya jadinya tersenyum. Tapi kan orang kalau capek kan kadang-kadang juga kesulitan kan seperti itu. Nah, makanya tidak semua capres bisa. Tidak semua capres memiliki energi dan komimen untuk bisa seperti itu,” paparnya. 

Henri juga membandingkan dengan capres Prabowo Subianto yang kini sudah berusia 72 tahun. Menurutnya, Prabowo tidak akan bisa melakukan seperti yang dilakukan Ganjar karena faktor usia, dan latar belakangnya berasal dari keturunan ningrat. 

“Lihat bagaimana dengan capres yang lain, Pak Prabowo misalnya, yang secara usia tidak memungkin seperti itu,” imbuhnya. 

Baca juga : Petebu Ganjar Gotong Royong Bangun Lapangan Voli Di Lampung Tengah

Oleh sebab itu, menurutnya Ganjar merupakan satu-satunya capres yang paling dekat dengan rakyat dan para pendukungnya heterogen.

Hal itu dapat dilihat ketika Ganjar melakukan kunjungan ke berbagai daerah. Masyarakat selalu menyambut Ganjar dengan sangat antusias. 

“Karena ,terus tentang Pak Ganjar itu sering kali kalau dateng ke masyarakat itu seperti jumpa fans.  Fansnya seneng sekali gitu kan jumpa dengan idolanya, Jadi ini bukan hanya sekedar pendekatan sosial, tapi orang yang sudah senang sama Pak Ganjar itu menjadi semakin dekat,” imbuhnya.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.