Dark/Light Mode

WNI Di Eropa Surati Jokowi, Ingatkan Soal Demokrasi

Jumat, 24 November 2023 04:09 WIB
Presiden Joko Widodo. (Foto : Ist)
Presiden Joko Widodo. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekelompok masyarakat diaspora Indonesia di Eropa perihatin dengan kondisi politik di Indonesia. Mereka mengirimkan surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Surat tersebut tertulis pada 16 November 2023 atas nama masyarakat diaspora Indonesia di Eropa.

Baca juga : Dewas Akan Surati Jokowi, Minta Firli Bahuri Diberhentikan Sebagai Ketua KPK

Diaspora Indonesia yang bermukim di Eropa menegaskan, pilihan kita mungkin berbeda, tetapi landasan kita harus tetap sama: konstitusi dan demokrasi.

Mereka yang menginisiasi surat terbuka ini antara lain Narendra Rake, Budi E.L. Gaol, dan Husni Suwandhi dari Jerman, Sakaria Wielgosz dari Swiss, Bambang Ponco dan Sofana Plant di Belanda, Dini Dewi di Austria, dan Nia Poniyah asal Belgia.

Baca juga : Kunjungi Ponpes Raudlatul Ulum, Yenny Tekankan Pentingnya Menjaga Demokrasi

"Mengapa, Sang Presiden, integritas terkikis oleh angin? Pemilu di depan, kita berharap transparansi dan keadilan. Namun, ragu dalam raga mulai muncul. Luka dan air mata tak mungkin lagi dipendam,” tulis Kelompok Eropa Besatu Eropa Bicara dalam surat.

Selain itu, dalam surat tersebut turut diungkap rasa kekhawatiran WNI di Eropa terhadap kepercayaan yang telah diberikan terhadap Jokowi. Mereka mengaku tidak ingin Jokowi mewarisi demokrasi yang penuh dengan kegelapan di akhir jabatannya.

Baca juga : Lestari: Jelang Pemilu 2024, Tingkatkan Kualitas Demokrasi

“Kami pernah berjuang bersamamu, dengan tulus tanpa mengharapkan imbalan. Presiden Jokowi yang kami cintai, kami ingin warismu yang agung berlanjut karena kerja keras dan prestasimu, akan kami sampaikan pada generasi masa depan,” tegas kelompok diaspora dalam surat yang dikirim kepada Jokowi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.