Dark/Light Mode

Keliling Berburu Suara

Imin-Gibran-Mahfud Sama-sama Gesitnya

Minggu, 26 November 2023 07:38 WIB
Muhaimin Iskandar, Mahfud MD dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ist)
Muhaimin Iskandar, Mahfud MD dan Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tak hanya Capres, para Cawapres belakangan ini makin sibuk mencari dukungan politik dari rakyat. Baik Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming, maupun Mahfud MD, sama-sama gesitnya berkampanye. Di akhir pekan kemarin, ketiganya berkeliling ke luar Pulau Jawa melakukan berbagai kegiatan.

Di mulai dari Muhaimin. Cawapres yang akrab disapa Cak Imin ini berkunjung ke Pasar Senen, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (25/11) pagi. Cak Imin datang dengan mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih, dibalut rompi hijau, lengkap dengan blangkon hitam. 

Setibanya di lokasi, Cawapres nomor urut 1 itu langsung menyusuri lapak-lapak dan menyapa pedagang yang sedang berjualan. Dia juga menanyakan ke pedagang, seperti apa harga bahan-bahan pokok saat ini. Dari para pedagang, Imin mengetahui bahwa mayoritas harga kebutuhan pokok pada naik. 

Mendengar ini, Cak Imin berupaya menjelaskan faktor kenaikan dari beberapa komoditas pangan. Kata Cak Imin, penyebab naiknya harga bahan pokok seperti cabe rawit, telur, beras, karena ada petani menaikan harga jual. Sebab, biaya produksi yang mereka keluarkan juga cukup tinggi. 

"Tadi saya tanya kenapa naik? karena dari petaninya naik karena proses produksi pertaniannya lagi kekurangan air, musim hujan baru tiba," ucap Cak Imin. 

Baca juga : Prabowo-Gibran Mulai Jamah Ibu Kota Negara

Cak Imin mengungkapkan, bahaya yang harus dihindari dari dampak kenaikan harga adalah kelangkaan barang dan rendahnya daya beli masyarakat. Sehingga, berpotensi terjadi inflasi. 

"Kita harus waspada kalau daya beli masyarakat turun, itu artinya akan terjadi inflasi di mana-mana," imbuhnya.

Di tempat lain, Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menghabiskan akhir pekan dengan berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan. Di sana, dia mengikuti Jalan Sehat Satu Putaran di sekitaran Jalan Jenderal Sudirman. 

Kegiatan jalan sehat itu diikuti oleh ratusan ribu masyarakat. Saking banyaknya warga yang hadir, Jalan Jenderal Sudirman penuh dengan lautan massa. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga terlibat dalam acara tersebut.

Setibanya di lokasi acara, Gibran langsung dipersilakan ke panggung utama yang berada di depan Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat. Dari panggung utama ini, Gibran menyapa para peserta jalan sehat yang sejak pagi telah memadati Jalan Jenderal Sudirman. 

Baca juga : Relawan Ganjar-Mahfud Jatim Disambut Gembira Santri Di Surabaya

Mula-mula, Gibran menanyakan kabar para peserta jalan sehat dengan menggunakan bahasa Makassar. "Apa kareba semua? Sudah sarapan belum? Terima kasih, terima kasih. Jangan lupa sarapan yah," tanya Gibran. 

Gibran kemudian mengingatkan kepada para peserta jalan sehat untuk menjaga ketertiban. Apalagi yang bawa anak-anak jangan sampai ada yang terjatuh hingga terinjak karena berdesak-desakan. "Pokoknya tetap tertib, yang anak-anak dijaga yah jangan sampai kegencet, tetap jaga kerukunan," imbau putra sulung Presiden Jokowi itu. 

Dia kemudian melepas peserta Jalan Sehat Satu Putaran ini dengan melambaikan bendera, sembari ditemani istri tercinta, Selvi Ananda. Pada momen ini, sejumlah peserta jalan sehat berebut untuk berfoto dengan Gibran. Gibran pun merespons positif ajakan mereka. 

Sementara itu, Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD berkunjung ke Pontianak, Kalimantan Barat. Mahfud tiba di Bandara Supadio, Pontianak bersama istri, Zaizatun Nihayati. Terlihat juga bersama rombongan Mahfud seorang dai kondang, Gus Muwaffiq. 

Setibanya di bandara, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu disambut oleh tokoh nasional asal Kalbar yang juga Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO). Sama halnya dengan Mahfud, OSO didampingi sang istri, Serviati Oesman.  

Baca juga : Hadiri Rakernas Projo Hari Ini, Prabowo-Gibran Jadi Bintangnya

Nggak pakai lama, beres salam-salaman dan cipika-cipiki, mereka langsung bertolak menuju Rumah Hakka Kalbar di Kubu Raya. Di sini, Cawapres dari Ganjar Pranowo itu menghadiri silaturahmi dengan masyarakat China. Sekaligus menghadiri deklarasi dukungan dari Hakka Kalbar kepada pasangan calon nomor urut 3 itu. 

Selain silaturahmi ke etnis Tionghoa, Mahfud tidak lupa dengan masyarakat Madura yang mengadu nasib di Kalbar. Lantaran satu suku, Mahfud pun bersilaturahmi dengan tokoh agama dan adat Madura Kalbar, di Rumah Budaya Madura. Setelahnya, Mahfud menggelar pertemuan dengan tokoh multietnis Kalbar di Hotel Mahkota, dan mengikuti jalan sehat bersama ribuan kader Hanura.

Pengamat politik dari Universitas Airlangga, Prof Kacung Marijan menilai wajar jika seluruh Capres-Cawapres rajin turun ke lapangan. Menurutnya, semakin sering turun ke lapangan, maka semakin efektif untuk mendulang suara. 

"Masing-masing calon dituntut dekat dengan pemilih melalui berbagai strategi. Semakin mengena strateginya, semakin efektif untuk menambah dukungan," terang Kacung kepada Rakyat Merdeka, Sabtu (25/11/2023). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.