Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Beri Penghormatan Ke Para Aulia, Mahfud MD Ziarah Ke Makam Ulama Di Sabang Aceh

Selasa, 28 November 2023 19:18 WIB
Mahfud menyempatkan untuk berziarah ke makam ulama yang menyiarkan ajaran agama Islam, Tengku Pasi yang masuk dalam Keramat Aulia 44. (Foto: Ist)
Mahfud menyempatkan untuk berziarah ke makam ulama yang menyiarkan ajaran agama Islam, Tengku Pasi yang masuk dalam Keramat Aulia 44. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bertandang ke wilayah paling Barat Indonesia, Kota Sabang, Aceh, Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD melakukan serangkaian kegiatan kampanye perdananya untuk menemui masyarakat, Selasa (28/11/23).

Kedatangan Mahfud MD disambut gembira oleh masyarakat Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Di sela kegiatan, Mahfud menyempatkan untuk berziarah ke makam ulama yang menyiarkan ajaran agama Islam, Tengku Pasi yang masuk dalam Keramat Aulia 44.

Baca juga : Mahfud MD Kampanye Perdana Di Sabang

"Itu makam Tengku Pasi, Tengku Pasi itu artinya ulama dekat pantai katanya itu yang dulu menjadi guru masyarakat sini di awal-awal di sekitar sini ada empat tengku di sekitar sini," ucap Mahfud MD.

Sesampainya di makam yang terletak di pinggir pantai, Mahfud membaca tahlil bersama tim pemenangan daerah (tpd). Mahfud mengenakan kemeja putih dengan rompi hitam tampak khusyuk berdoa di depan pusara ulama tersebut.

Baca juga : Bantuan Masuk Ke Gaza, Tank Israel Balik Kandang

Ziarah ini adalah bentuk penghormatan kepada para alim ulama yang telah berjasa menyebarkan agama islam di Desa Jaboi, Kota Sabang, Aceh.

Kondisi pemakaman tersebut tampak tak terurus dan memprihatinkan. Tidak ada papan petunjuk arah ataupun tulisan di batu nisan yang menjadi tanda bagi para pelancong bahwa itu adalah pusara ulama.

Baca juga : Prof Mahfud Kampanye Kerukunan Dan Persatuan

Mahfud MD berharap makam-makam para pahlawan dan ulama seperti ini supaya mendapatkan perhatian dengan pengadaan rehabilitasi dan perawatan.

"Kita lihat lah insyaallah lah (rencana rehab) untuk menghormati para leluhur auliya ini dianggap aulia ya waliyullah ya kalau di Jawa kan semua sudah direhab ditangani oleh pemda nanti yang di sini juga bisa untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa beliau yang telah mengajarkan masyarakat dengan penuh akhlak dan kesantunan," tutup dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.