Dark/Light Mode

Kampanye Hari Pertama

Prabowo Temui Jokowi, Ganjar Blusukan Di Papua, Anies Keliling Naik Vespa

Rabu, 29 November 2023 08:25 WIB
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo langsung mengisi kampanye hari pertama, Selasa (28/11/2023), dengan blusukan. Anies cium ibu sebelum keliling Jakarta-Bogor, Ganjar terbang ke Merauke, Papua. Sedangkan Prabowo Subianto belum kampanye, tapi Tim Kampanye Prabowo yang bergerak dengan salah satunya memberikan bantuan kemanusiaan untuk Gaza-Palestina. (Tedy Kroen/Rakyat Merdeka/RM.id) (Antara)
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo langsung mengisi kampanye hari pertama, Selasa (28/11/2023), dengan blusukan. Anies cium ibu sebelum keliling Jakarta-Bogor, Ganjar terbang ke Merauke, Papua. Sedangkan Prabowo Subianto belum kampanye, tapi Tim Kampanye Prabowo yang bergerak dengan salah satunya memberikan bantuan kemanusiaan untuk Gaza-Palestina. (Tedy Kroen/Rakyat Merdeka/RM.id) (Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari pertama kampanye Pilpres 2024, ketiga capres melaksanakan agenda yang berbeda. Dua capres yaitu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo langsung tancap gas dengan berkeliling menemui warga. Anies Baswedan misalnya, mengawali kampanye dengan keliling naik vespa dari rumahnya ke Tanah Merah. Sedangkan Ganjar Pranowo memilih blusukan ke Papua. Sementara itu, Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto tetap menjalankan tugas sebagai Menteri Pertahanan dengan mengikuti rapat dengan Presiden Jokowi.

Anies mengawali kampanye hari pertama dengan mengunjungi kawasan Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berangkat dari rumahnya di kawasan Lebak Bulus sekitar pukul 8 pagi. Sebelum berangkat, Anies sungkem dulu ke ibundanya untuk memohon restu.

Sekitar pukul 10 pagi, Anies tiba di lokasi. Kehadiran mantan Rektor Universitas Paramadina itu disambut hangat ratusan warga. Dalam orasi politiknya, Anies menceritakan alasannya memilih Tanah Merah menjadi tempat pertamanya kampanye. Tanah Merah juga tempat pertama Anies kampanye saat menjadi Cagub DKI Jakarta.

Baca juga : TKN Prabowo-Gibran Geber Program Makan Siang, Susu Gratis, Gizi Bumil Dan Balita

Anies mengaku ingin membawa misi keadilan. Kata dia, sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta, Tanah Merah menjadi daerah yang dipinggirkan. Kawasan tersebut tak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) sehingga berdampak tak dibangun jalan sampai dengan air bersih.

Saat menjadi gubernur, Anies berhasil menjadikan Tanah Merah menjadi tempat yang setara dengan kampung lain dengan masuknya beberapa fasilitas seperti air. “Hari ini kami memulai perjalanan baru kita masih membawa misi yang sama yaitu keadilan ketingkat nasional,” kata Anies.

Dari Koja, Anies menuju GOR Ciracas, Jakarta Timur. Setelah itu, Anies geser ke GOR Pakansari, Kabupaten Bogor dan mengakhiri dengan menyapa simpatisannya di Jembatan Merah, Kota Bogor.

Baca juga : Kampanye Dari Desa, Ganjar Tegaskan Identitasnya Sebagai Anak Desa

Di Bogor, Anies menjanjikan untuk membangun transportasi umum yang lebih terjangkau untuk warga.

Dari Bogor, Anies pulang ke Jakarta naik KRL Jabodetabek. Mantan Mendikbud itu memilih naik KRL karena lokasi stasiun Bogor, dekat dengan lokasi kampanye terakhirnya di Jembatan Merah.

Sementara itu, capres nomor urut 2, Prabowo Subianto memilih untuk tetap menjalankan tugas sebagai menteri pertahanan. Di hari pertama kampanye, Prabowo terpantau mengikuti rapat dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor.

Baca juga : Teken Kampanye Damai, Ganjar: Ungkapan Keseriusan Dari Pikiran Hati Dan Tindakan

Prabowo tiba Istana Bogor sekitar pukul 14.38 WIB. Eks Danjen Kopassus itu datang dengan mobil Alphard putih berpelat nomor 1-00. Ia sempat membuka jendela mobilnya dan melambaikan tangan kepada awak media di lokasi.

Selain Prabowo, tampak pula sejumlah menteri yang hadir seperti Mendagri Tito Karnavian, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.