Dark/Light Mode

Ini Respons Pegiat Demokrasi Soal Pidato Mega Di Rakornas Relawan Ganjar-Mahfud

Kamis, 30 November 2023 10:05 WIB
Wakil Ketua SETARA Institute Bonar Tigor Naipospos
Wakil Ketua SETARA Institute Bonar Tigor Naipospos

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua SETARA Institute Bonar Tigor Naipospos menyoroti pidato Presiden ke-5, Megawati Soekarnoputri di acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Relawan Ganjar Pranowo-Mahfud MD se-Pulau Jawa di di Hall B3-C3 JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Senin (27/11) lalu. 

Kata Tigor, pernyataan Mega mengenai rezim otoritarian tidak sepenuhnya sahih. Tigor masih melihat adanya hak kebebasan berpendapat di negeri ini. "Kebebasan berpendapat, kebebasan pers, dan juga oposisi masih ada,” kata Tigor, Rabu (29/11).

Dia bilang, pemerintahan masih memegang teguh azas demokrasi. Sekalipun dia mengaku tetap ada kekurangan mengenai penerapan proses demokrasi.

Baca juga : Relawan GBB Kenalkan Ganjar-Mahfud Lewat Layar Tancap

"Kita akui bahwa ada kemunduran dalam kualitas demokrasi di Indonesia, tetapi mengatakan penguasa sekarang ini bertindak seperti orde baru, belum lah,” tandasnya. 

Sementara, Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Action (CISA), Herry Mendrofa menilai, pernyataan Mega sebagai respons atas kondisi politik terkini. 

"Saya kira ini respons Megawati melihat situasi atas konstelasi politik yang begitu dinamis dan cukup alot. Menurut saya respons Megawati lebih pada political surprise yang terjadi hingga hari ini," pungkasnya. 

Baca juga : Relawan GBB Jaring Suara Pemilih Ganjar-Mahfud Di Cilincing

Sebelumnya, Presiden ke-5 sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri membakar semangat relawan Ganjar-Mahfud yang berkumpul di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, Senin (27/11).

Dalam pidatonya, Mega bicara tentang pengorbanan dan menyentil penguasa yang bertindak seperti era orde baru.

"Kenapa? Republik ini penuh dengan pengorbanan, tahu tidak? Kenapa sekarang kalian yang baru berkuasa itu mau bertindak seperti zaman orde baru?" tanya Mega dengan penekanan-penekanan menggunakan telunjuknya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.