Dark/Light Mode

Peningkatan Kualitas SDM Jadi Fokus Utama Ganjar-Mahfud

Selasa, 28 November 2023 07:31 WIB
Capres Ganjar Pranowo (kiri) saat bertemu Wapres ke-11 Boediono di  kediaman Boediono di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (24/11/2023). Foto: Istimewa)
Capres Ganjar Pranowo (kiri) saat bertemu Wapres ke-11 Boediono di kediaman Boediono di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (24/11/2023). Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu fokus program kampanye pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Hal ini didasari pemikiran bahwa kemajuan bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia (SDM). Baik di desa maupun di kota.

Karena itu, Ganjar menilai untuk menciptakan SDM berkualitas, program kesehatan dan pendidikan harus menjadi prioritas.

Baca juga : Ratusan Warga Bojonegoro Sampaikan Dukungan Untuk Ganjar-Mahfud 2024

Pasalnya, memajukan warga desa harus dimulai dengan menyehatkan mereka.

Untuk itu, pasangan Ganjar-Mahfud telah mencanangkan program 1 Desa, 1 Faskes, 1 Nakes; khususnya di daerah tertinggal, terdepan dan terluar alias 3T.

Program ini juga berfokus pada pemetaan dan peningkatan ketersediaan fasilitas kesehatan, termasuk puskesmas, tenaga medis, dan obat-obatan, serta mempercepat pengadopsian layanan kesehatan digital.

Baca juga : Ratusan Warga Di Sukabumi Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud

Sementara itu, di bidang pendidikan, pasangan Ganjar-Mahfud akan menitikberatkan pendidikan moral dan karakter.

Terkait hal ini, peran para pengajar agama dan guru ngaji menjadi sangat sentral.

Untuk itu, pasangan Ganjar-Mahfud bertekad meningkatkan kesejahteraan pengajar agama dan guru ngaji. Karena mereka merupakan benteng dan penjaga moral anak bangsa.

Baca juga : Lewat Senam Sehat KawanJuangGP, Ratusan Warga Subang Siap Dukung Ganjar-Mahfud

Sebelumnya, pada pertemuan Ganjar dengan Wapres ke-11, Boediono, Ganjar mendapatkan banyak ilmu perihal penguatan SDM.

"Ada tiga pelajaran penting yang diberikan, bagaimana berbangsa dan bernegara. Mengurusi kelembagaan yang bagus. Mengurusi SDM yang bagus dan membuat programnya juga harus bagus. Kalau ini bisa berjalan dengan baik, maka negara juga akan baik. Ini pelajaran penting hari ini yang saya dapatkan," kata Ganjar di kediaman Boediono, Jalan Jambu Nomor 11, Menteng, Jakarta, Jumat (24/11/2023).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.