Dark/Light Mode

Survei Y-Publica: Prabowo-Gibran Berpotensi Menang Satu Putaran

Jumat, 1 Desember 2023 13:53 WIB
Simulasi 3 Pasang Capres temuan Survei Y-Publica. (Foto: Ist)
Simulasi 3 Pasang Capres temuan Survei Y-Publica. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masa kampanye pada gelaran Pemilu 2024 telah resmi dimulai. Dengan waktu kampanye yang jauh lebih pendek daripada pemilu sebelumnya, para kandidat baik pada Pileg maupun Pilpres dipaksa untuk berjibaku dengan strategi pemenangan yang lebih ketat.

Temuan survei Y-Publica menunjukkan Elektabilitas Prabowo-Gibran tercatat menembus 50,2 persen. Ganjar Pranowo yang berpasangan dengan Mahfud MD hanya meraih 23,4 persen, sedangkan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar 17,9 persen, dan sisanya tidak tahu/tidak jawab 8,5 persen.

“Pasangan Prabowo-Gibran diprediksi bakal memenangkan Pilpres 2024,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam press release di Jakarta, pada Jumat (1/12/2023).

Baca juga : Sapujagad Siap Antarkan Ganjar-Mahfud Menang Satu Putaran

Menurut Rudi, terjadi lonjakan signifikan elektabilitas Prabowo ketika dipasangkan dengan putera sulung Presiden Jokowi yang masih menjabat walikota Solo tersebut. Pada survei bulan Agustus dengan simulasi banyak nama, elektabilitas Prabowo masih berkisar 30 persen.

Setelah keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi yang membolehkan kepala daerah berusia kurang dari 40 tahun untuk maju pada Pilpres, Gibran pun melenggang maju dan mendongkrak elektabilitas pasangan nomor urut dua tersebut.

“Masuknya Gibran ke dalam gelanggang Pilpres makin memberikan dorongan kuat bagi Prabowo, sebagai bentuk dukungan kuat Jokowi kepada mantan rival dua kali Pilpres yang kini menjadi sekutu kuat dalam pemerintahan,” tegas Rudi.

Baca juga : KSPN Resmi Dukung Prabowo-Gibran Di Pilpres 2024

Sebelumnya cawe-cawe Jokowi dengan memberikan endorsement masih tampak samar-samar, khususnya kepada Prabowo.

“Majunya Gibran sebagai cawapres Prabowo mengerek elektabilitas hingga kemungkinan menang satu putaran,” tandas Rudi.

Hingga paruh pertama tahun 2023, Jokowi masih membagi dukungan kepada Prabowo dan Ganjar.

Baca juga : Pakar: Tim Prabowo-Gibran Kampanye Dengan Tindakan Nyata

“Format idealnya saat itu adalah memasangkan dua figur yang bisa memberikan jaminan atas keberlanjutan program usai Jokowi tidak lagi menjabat presiden nantinya,” jelas Rudi.

Survei Y-Publica dilakukan pada 15-22 November 2023 kepada 1200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Data diambil melalui wawancara tatap muka terhadap responden yang dipilih secara multistage random sampling. Margin of error ±2,89 persen, tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.