Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Cara Gibran Atasi Stunting di Daerah Kumuh: Perbaiki Sanitasi & Bedah Rumah

Jumat, 8 Desember 2023 10:21 WIB
Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, diajak selfie pendukungnya. (Foto: Patra Rizki Syahputra/RM)
Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, diajak selfie pendukungnya. (Foto: Patra Rizki Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menginisiasi salah satu cara untuk mencegah stunting selain pemberian makan siang dan susu gratis kepada seluruh anak-anak di Indonesia. Cara tersebut adalah dengan pembenahan lingkungan tempat tinggal masyarakat, terutama wilayah yang tergolong kumuh.

Hal ini dijelaskan Gibran secara gamblang pada siaran YouTube bertajuk ‘Info A1: Kali Ini Gibran Bicara Panjang, Siap Debat?” yang diunggah, Rabu (6/12).

Baca juga : Marapi Meletus 4 Menit di Sumbar, 57 Pendaki Masih Dievakuasi

“Yang paling penting, bukan anak dan ibunya saja, tapi juga misal daerah kumuh. Ini otomatis kalau ada daerah kumuh, pasti stuntingnya tinggi. Perlu bedah rumah, sanitasi drainase yang baik, semua masalah terselesaikan,” jelas Gibran.

Gibran lalu mengulas program pemberian makan siang dan susu gratis kepada anak-anak di sekolah, juga susu gratis untuk ibu hamil. Ia juga mengatakan perlunya melakukan screening anak saat masa remaja, kesehatan para ibu juga perlu dimonitor hingga anaknya lahir.

Baca juga : Masalah Stunting Jadi Perhatian Serius Ganjar-Mahfud

“Pencegahan stunting dimulai dari remaja. Jadi memang permasalahan stunting itu A-Z dan harus ada kerja sama lintas dinas. Kalau di Solo, di Dinas PUPR (Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat) masalah pemukiman kumuh juga. Ya pokoknya lintas Dinas lingkungan, dan di beberapa RT-RW ada inisiasi kampung bebas rokok,” jelas Gibran.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.