Dark/Light Mode

Debat 3 Capres Serius Tapi Seru

Anies, Prabowo Dan Ganjar Kompak Tapi Saling Skak Mat

Rabu, 13 Desember 2023 07:40 WIB
Beginilah rukunnya 3 Capres usai debat, di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo saling adu serangan, tapi tetap bersatu dan berkawan. (Foto: Antara)
Beginilah rukunnya 3 Capres usai debat, di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo saling adu serangan, tapi tetap bersatu dan berkawan. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kekhawatiran publik bahwa debat Capres bakal hambar, tidak terbukti. Debat Capres yang digelar di Kantor KPU tadi malam, berlangsung serius, tapi seru. Ketiga Capres ; Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo kompak, tapi tetap saling skak mat.

Debat capres perdana yang disiarkan secara live di stasiun televisi ini dimulai pukul 7.15 malam. Molor 15 menit dari yang diagendakan. Untuk acara ini, ketiga Capres tampil dengan gayanya masing-masing. Pasangan nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar kompak mengenakan kemeja putih yang dibalut jas tanpa dasi dengan peci hitam.

Sementara Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tampil dengan stelan khasnya yaitu kemeja warna biru muda. Sedangkan Capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tampil lain dari biasanya. Ganjar mengenakan kemeja putih lengan panjang yang digulung sesiku dipadu celana hitam. Di bagian dada kanannya ada tulisan “Sat Set” yang kurang lebih artinya gerak cepat alias gercep.

Baca juga : Debat Capres Sesi Pertama, Ganjar Bawa Belanjaan Masalah Sabang Sampai Merauke

Setelah Capres-Cawapres masuk arena, acara debat dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya dan jingle Pemilu. Setelah itu, debat dimulai dengan memberikan kesempatan kepada Capres untuk memaparkan visi misinya.

Anies tampil lebih dulu. Tanpa basa-basi, eks Gubernur DKI Jakarta langsung melakukan serangan. Capres 01 langsung menyinggung soal putusan Mahkamah Konstitusi soal gugatan usia Capres-Cawapres. Putusan itu diketahui menimbulkan polemik dan menuai protes dari kalangan rakyat.

“Dalam negara hukum kekuasaan diatur oleh hukum. Dalam negara kekuasaan, hukum diatur oleh penguasa dan kita tidak menginginkan itu terjadi pada saat ini,” kritik Anies.

Baca juga : Emosi Debat Capres! Ganjar Jadi Tak Enak Lihat Anies Vs Prabowo Buka Buku Lama

Di sesi ini, Prabowo mencoba bertahan, sambil melancarakan serangan balik. Kata dia, soal demokrasi ini memang masih banyak kekurangan, tapi harus bersyukur.

Prabowo menuturkan, saat dunia penuh tantangan dan ketidakpastian, ada perang saudara dan kerusuhan, Indonesia masih aman. Harga sembako masih terkendali, rakyat masih aman. Hal tersebut bisa terjadi karena keberhasilan seorang pemimpin. Kata dia, pemimpin itu tidak boleh munafik. Apalagi menghasut.

“Pemimpin itu harus memberi contoh. Kami akan perbaiki yang harus diperbaiki kita akan tegakkan apa yang perlu,” janji Prabowo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.