Dark/Light Mode

Kertas Suara Pilpres 2024: Prabowo-Ganjar Tak Berpeci, Anies Pake Pose Pilgub DKI

Jumat, 1 Desember 2023 08:25 WIB
Pose Capres-Cawapres dalam surat suara Pemilu 2024. (Foto: Dok. KPU)
Pose Capres-Cawapres dalam surat suara Pemilu 2024. (Foto: Dok. KPU)

RM.id  Rakyat Merdeka - KPU telah menetapkan gambar surat suara Pilpres 2024. Dalam surat suara itu, Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, dan Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, kompak tak berpeci. Sementara, Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, berpose seperti saat mengikuti Pilgub DKI Jakarta.

Pose Anies bersama pasangannya, Muhaimin Iskandar (Imin), tampak paling berbeda. Anies-Imin mengenakan setelan jas lengkap dengan peci hitam. Keduanya sama-sama tersenyum lebar, mengangkat tangan kanan dengan gaya memberikan salam hormat. Pose ini mirip dengan gaya Anies [ada surat suara Pilgub DKI Jakarta 2017, yang saat itu berpasangan dengan Sandiaga Uno.

Sedangkan Prabowo, dengan pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, mengenakan kemeja berwarna biru muda. Kemeja ini persis seperti yang mereka pakai ke KPU untuk mendaftar sebagai peserta Pilpres 2024. Tak ada atribut lain yang mereka pakai. Prabowo-Gibran hanya berpose tersenyum tanpa terlihat gigi.

Sementara, Ganjar, bersama pasangannya, Mahfud MD, tampak ingin menunjukkan keanekaragaman. Ganjar mengenakan kemeja hitam. Rambut putihnya dibiar terlihat, tanpa ditutup peci. Sedangkan Mahfud mengenakan kemeja putih yang dipadukan dengan peci hitam.

Anggota KPU Idham Holik mengatakan, pihaknya membebaskan ketiga Capres-Cawapres menentukan pakaian, background, maupun pose dalam foto surat suara Pilpres 2024. KPU tak membuat aturan khusus soal itu.

Baca juga : Prabowo Temui Jokowi, Ganjar Blusukan Di Papua, Anies Keliling Naik Vespa

"Mau posenya seperti apa, background-nya seperti apa, fashion-nya yang seperti apa, yang jelas kami hanya memberikan kategori sopan. Foto yang sopan seperti itu," terang Idham, kepada wartawan, Kamis (30/11/2023).

Ia menyebutkan, ketentuan desain surat suara Pilpres 2024 berdasarkan Surat Keputusan KPU Nomor 1202 Tahun 2023 dan Nomor 1549 Tahun 2023. "Desain surat suara sepenuhnya mengacu pada kedua keputusan tersebut," ujarnya.

Lalu, apa makna foto dan pilihan pakai para Capres-Cawapres itu? Jubir Timnas Anies-Muhaimin (AMIN), Usamah Abdul Azis, menjelaskan bahwa Anies merupakan sosok yang tertarik dengan sejarah. Pose itu merujuk dari sejarah Bung Karno yang memperkenalkan salam merdeka.

"Mas Anies sendiri sangat concern tentang sejarah. Beliau melihat bagaimana sejarahnya Bung Karno memperkenalkan salam merdeka," terang Usamah, di Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Menurutnya, salam merdeka tersebut melambangkan semangat AMIN memenangkan Pilpres 2024. Ia menyebut, Anies ingin memperkenalkan sejarah dengan cara seperti itu.

Baca juga : Putra Habib Luthfi dan Eks Penyelenggara Pemilu Antar Prabowo-Gibran di Deklarasi Pemilu Damai

"Nah itu salam merdeka memang melambangkan semangat dari AMIN ini untuk bisa memenangkan Pilpres ini. Jadi kita mau mengangkat kembali sejarah, dan mau memperkenalkan dengan cara seperti itu," terangnya.

Ketua DPP PKB Daniel Johan menambahkan, pose AMIN berbeda dari yang lainnya. Harapannya, masyarakat senang melihat pose ini dan memilih saat di bilik suara. "Keren dong, bawa hoki. Pose itu akan mengulangi keberhasilan untuk memenangkan hati rakyat," kata Daniel.

Sementara, politisi PDIP Hendrawan Supratikno menjelaskan pakaian yang digunakan Ganjar-Mahfud dalam surat suara itu. Katanya, selain menggambarkan kekuatan yang saling melengkapi, perbedaan pakaian Ganjar-Mahfud juga menyiratkan ketegasan.

"Bahwa hitam adalah hitam, putih adalah putih. Jadi, tidak ada keraguan dalam menegakkan kebenaran," urai Hendrawan, Kamis (30/11/2023).

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai, secara umum, ketiga pasangan menampilkan hal yang sebenarnya standar dan relatif sama. "Karena gaya tak ada kaitannya dengan elektabilitas tentunya. Tapi, kalau mau diiris satu persatu-satu, saya kira ada juga argumennya," ucap Adi.

Baca juga : Prabowo Ke Muhammadiyah, Ganjar Sowan Ke Boediono, Anies Ketemu Anak Muda

Pasangan AMIN menggunakan gaya seperti Anies maju Pilgub DKI. Menurut Adi, Koalisi Perubahan ingin menjadikan pose ini sebagai pelecut semangat agar bisa mengulang kesuksesan Anies di Pilgub DKI.

Untuk Prabowo-Gibran kompak tak pakai kopiah, kata dia, karena ingin menunjukkan bahwa pasangan ini merupakan duet sesama dari kalangan nasionalis.

Ada pun Ganjar-Mahfud ingin terlihat sebagai pasangan Islam nasionalis. Ganjar yang tak pakai kopiah menyimbolkan nasionalis. Mahfud berkopiah disimbolisasi dari kalangan Islam. "Selama ini kopiah disimbolisasi bagian atribut islamis, terutama identifikasi politik saat politik elektoral," pungkasnya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Jumat (1/12), dengan judul “Kertas Suara Pilpres 2024: Prabowo-Ganjar Tak Berpeci, Anies Pake Pose Pilgub DKI”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.