Dark/Light Mode

Ajang Extravaganjar: XVG Talents Masuki Babak Akhir, Final Digelar 16 Desember

Kamis, 14 Desember 2023 05:29 WIB
Dewan juri Extravaganjar: XVG Talents. (Foto: Istimewa)
Dewan juri Extravaganjar: XVG Talents. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ajang Extravaganjar: XVG Talents memasuki babak akhir. Lomba cipta lagu dan kompetisi nyanyi grup dan solo yang digelar relawan Extravaganjar sejak 6 November 2023 itu kini telah sampai pada babak semifinal.

Ketua Panitia Pelaksana Raiden Soedjono menyebutkan, ajang semi final XVG Talents berlangsung sangat meriah. Para peserta tampil dengan sangat antusias dan sungguh-sungguh di hadapan para juri yang tentunya merupakan pemusik andal di Tanah Air.

Baca juga : Bazar UMKM Di Sarinah Digelar Spesial Sampai 3 Desember

“Dalam ajang semifinal ini yang dilombakan adalah, grup band dan solo. Sementara cipta lagu akan dinilai langsung berbarengan di tahap final pada 16 Desember 2023. Untuk solo, tiga pemenang yang melaju ke babak final adalah Wahid dari Gorontalo, Apricilia dari Jakarta, Mala dari Bogor. Sementara untuk kategori band, ada Rock horizon dari Banjarmasin, Shosha x dari Sidoarjo, dan Solasee dari Bekasi,” kata dia, Rabu (13/12).

Ajang XVG Talents ini mendapatkan respons yang tinggi dari seluruh penjuru daerah di Indonesia dengan berpartisipasi membawakan lagu-lagu tentang Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan menciptakan lagu tentang pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3 melalui kegiatan ini.

Baca juga : Relawan Tuan Guru Ganjar Dorong Majelis Taklim Bentuk Karakter Akhlakul Karimah

Dari ratusan demo atau sample audio yang masuk, telah tersaring menjadi 18 kontestan: kategori grup 6 kontestan & kategori solo 6 kontestan serta kategori cipta lagu GP MMD sebanyak 6 kontestan, cipta lagu yang masuk ke panitia dari berbagai daerah di Indonesia, seperti: Kalimantan Selatan, Garut, Sidoarjo, Surabaya, Yogyakarta, Gorontalo, Gunungsitoli, Jakarta, Jepara, Kepulauan Tanimbar, Bandung dan berbagai daerah lainnya.

”Tujuannya dari ajang ini sederhana, agar para anak muda ini tidak golput. Karena kualitas pemilihan umum, salah satunya ditentukan besarnya partisipasi anak muda. Dan tentu saja, suara anak muda yang menjadi peserta adalah suara untuk Ganjar-Mahfud,” terang Raiden.

Baca juga : Wapres Akan Berkantor Di Tanah Papua Awal September

Sekjen Extravaganjar Fendy Mugni menambahkan, XVG Talents akan menjadi ruang ekspresi bagi mereka yang punya bakat mencipta lagu, menyanyi, dan bermain musik, sebagai persiapan dini masuk ke industri musik. "Sekaligus diharapkan agar kelak hasil karya mereka, membuat anak muda Indonesia, melek politik, mau berbicara soal politik, perduli dengan masa depan mereka dan Indonesia yg ditentukan dgn memilih pemimpin yg tepat," ucapnya.

Juri-juri yang kredibilitas dan merupakan musisi profesional Tanah Air beradu pemikiran dalam menyeleksi para kontestan. Setiap tahap kurasi, semifinal dan final, kontestan dinilai langsung para juri dari kalangan musisi serta pencipta lagu profesional Tanah Air. Mulai dari Adi “Kla” Adrian, Febri Hivi, Eq Humania, Ruth Sahanaya, Trisson, Oleg Sanchabakhtiar, Ronnie Waluya, Arie Tipe-X, Lita Zen, Ryan Kampua, Edo Widiz, Jon Paul Ivan, Eka Deli, Sandy Canester, Seno Radja dan Mudya Mustamin, dan masih banyak lagi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.