Dark/Light Mode

Survei Indometer

Kepuasan Terjaga Di Atas 80 Persen, Publik Dukung Keberlanjutan Jokowi

Sabtu, 16 Desember 2023 05:57 WIB
Infografis tingkat kepuasan publik terharap Pemerintah Jokowi temuan Survei Indometer. (Foto: Ist)
Infografis tingkat kepuasan publik terharap Pemerintah Jokowi temuan Survei Indometer. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi selama setengah tahun terakhir terjaga di atas 80 persen. Temuan survei yang dilakukan INDOMETER menunjukkan kini sebanyak 82,1 persen publik yang merasa puas dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Di antaranya sebanyak 10,0 persen bahkan menyatakan sangat puas soal kinerja Jokowi. Hanya 17,1 persen yang merasa tidak puas, termasuk 0,8 persen yang menyatakan tidak puas sama sekali, dan sisany 0,8 persen tidak tahu/tidak jawab.

Ditarik dua tahun ke belakang, tingkat kepuasan terhadap Jokowi tak pernah berada di bawah angka 75 persen. Bahkan sejak survei bulan Juni 2023, tingkat kepuasan stabil dan naik tipis pada kisaran 81-82 persen.

Baca juga : Golkar Lampung Terget Menang Pileg 20 Persen, Prabowo-Gibran 70 Persen

Jika dilihat dari konteks tahun politik menuju gelaran Pemilu 2024, tinggnya tingkat kepuasan publik menunjukkan aspirasi yang kuat akan keberlanjutan program-program Jokowi yang telah dikerjakan selama dua periode berjalan.

Sementara itu masyarakat Indonesia akan dihadapkan pada proses pergantian kepemimpinan nasional seiring bakal berakhirnya masa jabatan Jokowi pada Oktober tahun depan. Publik tentu akan lebih banyak memilih pemimpin berikutnya yang lebih kuat menjanjikan keberlanjutan.

“Tingkat kepuasan publik yang terjaga di atas 80 persen menyiratkan bahwa capres-cawapres paling pro-keberlanjutan yang bakal dipilih,” ungkap Direktur Eksekutif lembaga survei INDOMETER Leonard SB dalam keterangan tertulis kepada pers di Jakarta, pada Sabtu (16/12/2023).

Baca juga : Survei ISC: Prabowo-Gibran Dapat Suntikan Dukungan Pemilih Loyal Jokowi 2019

Menurut Leonard, kontestasi Pilpres yang diikuti tiga pasang capres-cawapres memperlihatkan terjadinya adu gagasan antara visi keberlanjutan dengan wacana perubahan.

“Tetapi tentu saja ada variasi dan gradasi di antara dua pandangan yang diametral tersebut,” lanjut Leonard.

Survei INDOMETER dilakukan pada 1-7 Desember 2023 terhadap 1.200 responden di seluruh provinsi di Indonesia, yang dipilih secara acak bertingkat survei (multistage random sampling). Margin of error survei sebesar ±2,98 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.