Dark/Light Mode

Untung Ruginya Ada Podium Di Debat Capres

Minggu, 17 Desember 2023 08:25 WIB
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah), Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Foto: Antara)
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah), Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaksanaan debat Capres perdana pada Selasa (12/12) malam telah dievaluasi. Hasilnya, ada wacana pada debat selanjutnya, KPU perlu menyiapkan podium. Usulan itu masih dikaji, terkait untung ruginya ada podium saat debat Capres dan Cawapres.

Setelah debat Capres sesi pertama, KPU akan kembali menggelar debat sesi kedua pada Jumat, 22 Desember 2023. Dalam debat kedua ini, giliran 3 Cawapres yang akan tampil. Ketiga Cawapres : Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD beradu ide dan gagasan dalam isu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN, infrastruktur, dan perkotaan.

Untuk gelaran ini, KPU sudah mulai melakukan persiapkan. Komisioner KPU August Mellaz menyatakan, pihaknya menerima sejumlah masukan hasil dari evaluasi Debat Capres sebelumnya. Beberapa masukan itu misalnya, soal lokasi debat. Jika sebelumnya debat Capres digelar di halaman gedung KPU, pada debat cawapres rencananya akan digelar di hotel.

Baca juga : Nggak Sabar Menanti Debat Cawapres

“Sudah ada beberapa hotel yang diusulkan. Nanti akan dibahas bersama termasuk dengan TV Pool (televisi yang bertugas melakukan siaran langsung),” kata August, di Kantornya, Jakarta, Jumat.

Selain lokasi, KPU juga mempertimbangkan beberapa usulan yang perlu diubah pada debat sesi kedua nanti. Mulai dari mengubah desain panggung, tata letak penonton, hingga perlu tidaknya disediakan podium.

Seperti diketahui, pada debat Capres perdana, KPU tidak menyiapkan podium di atas panggung. Ketiga Capres berdiri berjejer di atas panggung saat menyampaikan visi dan misi, menjawab pertanyaan panelis, hingga sesi tanya-jawab.

Baca juga : Ini Kata Aktivis HAM Soal Debat Perdana Capres

Soal keberadaan podium, August mengaku masih perlu pembahasan. KPU akan mengundang perwakilan dari ketiga Paslon untuk membahas soal perlu tidaknya disediakan podium saat debat Capres dan Cawapres.

“Apakah memang kebutuhannya ada podium. Kalau memang butuh, bisa saja kan itu dimunculkan,” kata August.

Adapun tentang format debat, August memastikan tidak ada yang berubah. Acara akan tetap berlangsung selama 150 menit, dan durasi khusus debat selama 120 menit. “Jadi untuk debat kedua, nanti bisa diteruskan ketiga, keempat, kelima,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.