Dark/Light Mode

Sowan Ke Ponpes Al Mashum

Ganjar Ziarah Ke Makam KH Mashum Dan Belajar Ilmu Kemasyarakatan

Minggu, 17 Desember 2023 22:30 WIB
Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo sowan ke Ponpes Al Mashum di Desa Sidoagung, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Minggu (17/12/2023). (Foto: Ist)
Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo sowan ke Ponpes Al Mashum di Desa Sidoagung, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Minggu (17/12/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Melawat ke Jawa Tengah, Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyempatkan sowan ke Ponpes Al Mashum di Desa Sidoagung, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Minggu (17/12/2023).

Pada kesempatan itu, Ganjar diterima langsung oleh KH Sholihun selaku pimpinan Ponpes Al Mashum.

Setelah sowan, Ganjar langsung jalan kaki untuk berziarah ke makam KH Mashum yang berada tidak jauh dari kompleks ponpes. Saat ziarah, Ganjar juga didampingi KH Sholihun.

Baca juga : Ziarah ke Makam Bung Karno, Prabowo: Beliau Mempersatukan Kita

Capres berambut putih itu mengungkapkan, KH Mashum adalah sosok guru bagi para tokoh dan kiai-kiai besar. Namun dibalik kebesarannya, KH Mashum memilih lebih sering di pesantren.

"Beliau (KH Mashum) itu gurunya para tokoh, kalau di pondok istilahnya yang tidak banyak keluar jadi tidak banyak orang mengenal tapi ternyata banyak kiai-kiai besar yang dulu mondok di sini, maka kita ikut mendoakan," ujar Ganjar, Minggu (17/12/2023).

Adapun peziarah yang datang ke makam KH Mashum berasal dari banyak daerah. Menurut Ganjar, hal itu dikarenakan KH Mashum merupakan kiai yang banyak memberikan nilai pelajaran hidup secara langsung.

Baca juga : Serap Aspirasi, Ganjar Blusukan Ke Pasar Kranggan, Bekasi

Contohnya, kata Ganjar, dulu area sekitar Ponpes Al Mashum termasuk daerah yang pertanian dan irigasinya kurang maksimal. Namun berkat KH Mashum, pertanian dan irigasi sawah menjadi lebih hidup.

"Tadi diceritakan sejarah bagaimana membangun kemasyarakatan, sosial bahkan legendanya dulu datang ke sini karena area ini kering, begitu beliau datang pertaniannya, pengairannya hidup," jelas Ganjar.

Ganjar menyebutkan, KH Mashum telah mengajarkan dan memberikan banyak manfaat semasa hidupnya khususnya untuk kehidupan bermasyarakat. 

Baca juga : Sowan Ke Ponpes Modern Sirojul Munir, Ganjar Janji Jalankan Insentif Guru Agama

Menurut Ganjar, pelajaran hidup dari KH Mashum dapat menjadi inspirasi dan motivasi baginya dan juga seluruh masyarakat.

"Jadi kiai zaman dulu juga berpikir kemasyarakatan, bahkan teknis. Bayangkan pengairan pertanian sudah dipikirkan pada zaman itu. Ini sebuah pelajaran untuk kita bisa punya cita-cita yang bisa menyejahterakan banyak orang dengan ikhtiar apapun," ucap Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.