Dark/Light Mode

Wadahi Kreativitas Pemuda

Relawan Gardu Ganjar Muda Gelar Pelatihan Konten Kreator Di Banten

Minggu, 17 Desember 2023 10:39 WIB
Kelompok sukarelawan bernama Gerakan Rakyat Desa Untuk Ganjar Pranowo Gardu Ganjar menggelar Pelatihan Konten Kreator bagi generasi muda di Kabupaten Serang, Banten, Sabtu (16/12/2023). (Foto: Ist)
Kelompok sukarelawan bernama Gerakan Rakyat Desa Untuk Ganjar Pranowo Gardu Ganjar menggelar Pelatihan Konten Kreator bagi generasi muda di Kabupaten Serang, Banten, Sabtu (16/12/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelompok sukarelawan bernama Gerakan Rakyat Desa Untuk Ganjar Pranowo (Gardu Ganjar) menggelar Pelatihan Konten Kreator bagi generasi muda di Kabupaten Serang, Banten, Sabtu (16/12/2023).

Ketua Gardu Ganjar Banten, Ahmad Wahyudin Nasyar menyebutkan peserta kegiatan kali ini terdiri dari kalangan mahasiswa, anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan organisasi kemahasiswaan lainnya.

“Tujuannya adalah, satu, pengembangkan kreativitas anak-anak muda milenial dan gen z untuk mereka diberikan wadah dalam berkreasi. Lalu, untuk menyosialisasikan Ganjar Pranowo dan Pak Mahfud MD di tingkat milenial dan gen z,” tuturnya.

Menurut Wahyu, generasi muda saat ini dituntut untuk menguasai media sosial lantaran sudah menjadi media informasi yang paling banyak diakses publik di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Baca juga : Atasi Pinjol Dan Judi Online, Ganjar Dorong Adanya Pendidikan Literasi Keuangan

Belakangan, medsos pun banyak dipilih untuk menyampaikan visi-misi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden pada momentum Pemilihan Presiden 2024. Khususnya, menyasar kalangan milenial dan zilenial atau generasi z.

“Hari ini cara cepat untuk memberikan informasi publik adalah melalui media sosial. Lalu, hari ini media sosial adalah satu alat yang sangat tepat untuk melakukan promosi, pemberitahuan tentang visi dan misi Calon Presiden 2024,” kata Wahyu.

Dalam pelatihan tersebut, para peserta juga mendapatkan pengetahuan tentang literasi media yang diharapkan dapat menangkal informasi bohong atau hoaks yang bisa menyesatkan bahkan memecah-belah masyarakat.

“(Tujuan kegiatan ini) salah satunya adalah untuk mengantisipasi hoaks, agar mereka juga bijak dalam menerima berita dan mencari tahu dulu kebenarannya sebelum nanti dikonsumsi oleh publik maupun dirinya sendiri,” ujarnya.

Baca juga : Relawan Ganjar-Mahfud NTB Dan Srikandi Beri Pelatihan Usaha Home Industry

Para peserta terlihat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang diisi beberapa pemateri yang merupakan konten kreator profesional. 

Wahyu menilai hal itu membuktikan dukungan mereka terhadap pasangan Capres-Cawapres Ganjar-Mahfud.

“Kami di Banten optimistis Ganjar-Mahfud akan mendapatkan dukungan yang maksimal dari teman-teman milenial, gen z dan mahasiswa. Alasannya, karena memang mereka sangat antusias. Mereka sangat luar biasa keyakinannya, dukungannya untuk Ganjar-Mahfud,” tuturnya.

Selain materi tentang pembuatan konten video dan foto di media sosial, para peserta juga mendapatkan pengarahan dari Ketua Ganjar Untuk Semua (GUS) Banten, Abah Elang Mangkubumi.

Baca juga : Relawan Kowarteg Indonesia Gelar Latihan Masak Pepes Ikan Ke Warga Jakarta Barat

Menurutnya, pelatihan konten kreator yang digagas para sukarelawan Ganjar-Mahfud sekaligus untuk menguatkan strategi memenangkan pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga itu dalam Pilpres 2024.

“Pemuda harus mempersiapkan segala sesuatu tentang era digitalisasi hari ini. Khususnya di daerah-daerah seperti Banten. Pembelajaran konten kreator ini sangat penting sekali,” kata Abah Elang. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.