Dark/Light Mode

Relawan Mak Ganjar Edukasi Ibu-Ibu Di Ciawi Manfaatkan SDA Jadi Ide Usaha

Sabtu, 23 Desember 2023 11:35 WIB
Pelatihan pemberdayaan ibu-ibu yang digelar sukarelawan Mak Ganjar, Sabtu (23/12/2023),  berhasil menyedot perhatian warga Desa Loji, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Jabar. (Foto: Ist)
Pelatihan pemberdayaan ibu-ibu yang digelar sukarelawan Mak Ganjar, Sabtu (23/12/2023), berhasil menyedot perhatian warga Desa Loji, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Jabar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatihan pemberdayaan ibu-ibu yang digelar sukarelawan Mak Ganjar pada Sabtu (23/12/2023), berhasil menyedot perhatian warga Desa Loji, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar). 

Mak Ganjar melatih para ibu-ibu untuk membuat keripik dengan memanfaatkan tanaman binahong yang melimpah di daerah tersebut.

Tanaman Binahong yang sejak dulu dikenal oleh masyarakat sebagai tanaman obat memang belum termanfaatkan secara maksimal.

Melihat keadaan itu, sukarelawan Mak Ganjar menciptakan  ide untuk bisa memanfaatkan sumber daya alam yang berlimpah itu, sekaligus untuk meningkatkan pendapatan masyarakat desa.

Baca juga : Relawan Ganjar Mahfud NTB Rangkul Ibu-Ibu Dengan Gelar Pengajian Di Mataram

Ide tersebut berupa pembuatan keripik yang berasal dari daun binahong. Di samping bahan baku yang dibutuhkan mudah untuk di dapat, proses pembuatannya juga terbilang mudah. 

"Di wilayah kami banyak tumbuh pohon binahong. Warga di sini belum tahu cara pemanfaatannya. Alhamdulillah kita ada ide pembuatan keripik binahong ini," ujar Koordinator Daerah Mak Ganjar Kabupaten Bogor, Neneng Lukman. 

Pembuatan keripik dari daun binahong ini juga bisa menjadi ide usaha bagi para ibu-ibu di daerah Ciawi. Ini bisa berguna sebagai tambahan penghasilan para ibu-ibu. 

"Mudah-mudahan dengan pelatihan ini bisa menjadi ide jualan bagi mereka ya. Dan meningkatkan ekonomi mereka. Jadi mereka punya ide kreatif membuat jajanan kuliner dari binahong ini," katanya. 

Baca juga : Bela Petani, Ganjar Ingin Produksi Tembakau Di Indonesia Meningkat

Pelatihan yang diikuti ratusan ibu-ibu dari berbagai daerah di Ciawi ini, disebut Neneng terinspirasi dari kepedulian sosok Ganjar Pranowo kepada kebangkitan UMKM dari masyarakat. Pihaknya pun berkomitmen untuk kembali menggelar kegiatan serupa. 

"Rencana berikutnya, Mak Ganjar Jawa Barat, khususnya Kabupaten Bogor, akan mengadakan pelatihan terus untuk ibu-ibu dan emak-emak di wilayah kami supaya lebih maju lagi," tegasnya. 

Sementara itu, salah satu peserta, Mimih mengaku memang tanaman binahong mudah dijumpai di wilayah rumahnya. Namun, dia baru mengetahui daun tanaman tersebut bisa diolah menjadi keripik. 

"Baru tau sekarang kalau daun binahong ternyata bisa dibikin kaya keripik begitu ya. Menurut saya penjelasan yang tadi ibu jelaskan sangat dimengerti," kata Mimih. 

Baca juga : BPIP Ajak Generasi Milenial Mainkan Permainan Tradisional

Dia berharap agar relawan Mak Ganjar bisa terus mengajarkan para ibu-ibu lain di wilayahnya bagaimana cara pengolahan tanaman tersebut. Sehingga wilayahnya berpotensi menjadi pusat oleh-oleh keripik binahong. 

"Mungkin itu bisa jadi usaha kecil di rumah. Mudah-mudahan bisa seperti itu semenjak daun binahong bisa dimanfaatkan seperti itu," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.