Dark/Light Mode

Top, Relawan Ganjar-Mahfud Kerek Pendapatan UMKM Di Kawasan Pariwisata Mandalika

Sabtu, 23 Desember 2023 23:13 WIB
Para relawan Ganjar-Mahfud Gama membantu warga yang memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah UMKM di Nusa Tenggara Barat, untuk meningkatkan pendapatan mereka dengan menggelar Pelatihan Hospitality, Sabtu (23/12/2023). (Foto: Ist)
Para relawan Ganjar-Mahfud Gama membantu warga yang memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah UMKM di Nusa Tenggara Barat, untuk meningkatkan pendapatan mereka dengan menggelar Pelatihan Hospitality, Sabtu (23/12/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para relawan Ganjar-Mahfud (Gama) membantu warga yang memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Nusa Tenggara Barat, untuk meningkatkan pendapatan mereka dengan menggelar Pelatihan Hospitality, Sabtu (23/12/2023).

Pendapatan mereka meningkat setelah menerapkan cara melayani dengan keramahtamahan (hospitality) terhadap wisatawan yang datang ke kawasan pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

“Sekarang, katanya omzetnya lebih tinggi. Lebih banyak pendapatannya dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan hospitality. Sehingga, mereka sangat antusias untuk ikut kembali,” kata pemateri dari sukarelawan Gama, Sri Anom Putra Sanjaya.

Baca juga : BRIN Tanggapi Rencana Ganjar-Mahfud Canangkan Kabinet Zaken

Dia menjelaskan materi yang diajarkan di antaranya terkait pentingnya kebersihan dalam segala hal. Kemudian, tentang cara berpikir positif hingga cara berkomunikasi yang baik dengan para wisatawan.

Kegiatan tersebut diakui sebagai bentuk kontribusi para relawan dari Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) lokal.

“NTB ini, khususnya Lombok bagian Selatan atau Mandalika ini terkenal dengan pariwisatanya. Misalnya, MotoGP kemarin sampai ratusan ribu tamu yang hadir ke sini. Belum lagi, event-event yang lain,” kata Anom.

Baca juga : Peduli Petani, Relawan Ganjar-Mahfud Salurkan Bantuan Alat Tani Di Lombok Tengah

Anom menyebut, para peserta pelatihan kali ini sengaja menyasar warga yang berhadapan langsung dengan wisatawan dari dalam maupun luar negeri sebagai pekerja di tempat wisata dan pelaku UMKM sektor pariwisata.

“Sehingga, Pak Ganjar dan tim (sukarelawan) Ganjar-Mahfud ini memberikan perhatian khusus kepada Mandalika,” ujarnya menyampaikan harapan warga terhadap Capres-Cawapres Ganjar-Mahfud.

Sementara itu, pelatihan hospitality yang digelar para sukarelawan Ganjar-Mahfud kali ini mendapatkan respons positif dari warga seperti diungkapkan salah seorang di antaranya bernama Mariana Febriani.

Baca juga : Relawan Ganjar Mahfud NTB Rangkul Ibu-Ibu Dengan Gelar Pengajian Di Mataram

Perempuan yang akrab disapa Nana itu mengakui awalnya tinggal di kawasan yang saat ini dibangun Sirkuit Mandalika. Ia pun tak menyesal rumahnya digusur dan pindah ke depan kawasan Mandalika karena perekonomiannya membaik.

“Harapan saya karena saya berada di kawasan pariwisata jadi saya harap pariwisata kita akan maju. Jadi, untuk ke depannya mungkin bisa dibantu membangun pariwisata kita,” katanya optimistis Ganjar-Mahfud bisa mewujudkan harapannya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.