Dark/Light Mode

Pengamat Sarankan Capres-Cawapres Sertakan Sumber Pendanaan Program

Rabu, 27 Desember 2023 21:12 WIB
Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis Uchok Sky Khadafi. (Foto: Antara)
Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis Uchok Sky Khadafi. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi menanggapi janji kampanye Capres-Cawapres terkait dengan program-program yang membutuhkan dana besar. Uchok menyarankan, Capres-Cawapres itu menyertakan bakal sumber pendanaan dari program yang mereka buat.

"Biar sebuah janji kampanye realistik atau masuk akal, sebaiknya para Capres mewacanakan sumber anggarannya," kata Uchok.

Baca juga : Komnas HAM Tanggapi Debat Capres-Cawapres: Isu Perempuan Kurang Diangkat

Menurutnya, dengan menjelaskan sumber anggaran, janji-janji kampanye tidak membebani para Capres-Cawapres ketika berkuasa, Saat terpilih, program-program itu juga tidak mengganggu stabilisasi atau tidak memberatkan APBN.

"Dengan menjelaskan sumber dana dari mana, maka siapa pun Capres-nya akan lebih dipercayai oleh rakyat dan (dinilai) bukan hoaks oleh persepsi rakyat," sambung dia.

Baca juga : Beringin Pede Paslon No 2 Bakal Menang 1 Putaran

Uchok tidak mempermasalahkan janji-janji para Capres-Cawapres. Asalkan sumber pendanaan dari program mereka jelas.

"Sumber duitnya dari mana? Janji-janji Capres yang akan jadi program dalam APBN ini harus dijelaskan duitnya dari mana," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.