Dark/Light Mode

Media Asing Soroti Gibran Saat Debat Cawapres

Kamis, 28 Desember 2023 07:56 WIB
Gibran Rakbuming Raka. (Foto : Ist)
Gibran Rakbuming Raka. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Istilah 'nepo baby' jadi perbincangan di dunia politik. Istilah ini merujuk pada calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming saat debat cawapres.

Ia mendapatkan julukan 'nepo baby' dari media asing Al Jazeera yang berarti seseorang yang mengikuti karier orang tuanya di dunia politik.

Diragukan, Al Jazeera justru menyebut Gibran mampu menepis tudingan negatif.

Baca juga : Survei Indikator: Gibran Menang Telak Di Debat Cawapres

“Kesan saya secara keseluruhan adalah bahwa setiap orang yang ragu-ragu dan mengira Gibran adalah seorang petinju ringan yang tidak tahu apa-apa telah terbukti sepenuhnya salah. Dia sangat siap untuk debat dan menunjukkan bahwa dia memiliki pemahaman yang sangat baik mengenai isu-isu ekonomi,” kata Alexander Arifianto, peneliti di S Rajaratnam School of International Studies di Singapura (RSIS), mengatakan kepada Al Jazeera.com pada 23 Desember.

Al Jazeera juga menyoroti pencalonan Gibran sejak bulan Oktober, di mana banyak kontroversi yang akhirnya menimbulkan tuduhan “nepo baby” dan politik dinasti yang dibangun Presiden Jokowi.

Pencalonan Gibran difasilitasi oleh keputusan kontroversial Mahkamah Konstitusi (MK) pada bulan Oktober yang melonggarkan persyaratan usia minimum untuk calon presiden dan wakil presiden.

Baca juga : Sekjen BPP: Roy Suryo Cari Sensasi Di Tengah Popularitas Gibran Pasca Debat

Meskipun pengadilan pada prinsipnya menjunjung batas usia minimal 40 tahun, para hakim membuat pengecualian yang memperbolehkan pejabat yang berusia minimal 35 tahun untuk mencalonkan diri jika mereka sebelumnya terpilih untuk menjabat – memungkinkan Gibran menjadi pasangan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjelang pemilu. pemilu 14 Februari.

Keputusan tersebut menimbulkan kontroversi karena Ketua Mahkamah Konstitusi saat itu, Anwar Usman, adalah saudara ipar Joko Widodo.

Jubir TKN Prabowo-Gibran, Dedk Prayudi atau Uki sudah memberikan klarifikasi terkait tudingan ke Gibran.

Baca juga : ESDM Dan Pertamina Pastikan Stok BBM Cs Aman Saat Libur Nataru

Uki menegaskan bahwa berita media asing, Aljazeera, sebenarnya memuji performa Gibran Rakabuming dan membantah tudingan bahwa berita tersebut menciptakan citra negatif terhadap sang cawapres

Dalam cuitannya dari akun Twitter @Uki23 pada Selasa, 26 November 2023, Uki menyatakan bahwa judul berita Aljazeera sudah jelas memuji performa Gibran Rakabuming dalam menghadapi tuduhan nepotisme. Ia menambahkan bahwa jika kita membaca seluruh isi berita, semuanya berisi pujian untuk Gibran.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.