Dark/Light Mode

JK Nggak Yakin 1 Putaran

Kamis, 4 Januari 2024 08:00 WIB
Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla. (Foto: Antara)
Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla alias JK ikutan komentar soal kampanye pilpres satu putaran. Eks Ketua Umum Golkar ini nggak yakin pilpres bisa selesai satu putaran, karena diikuti tiga pasang calon.

Hal tersebut disampaikan JK usai melayat ke rumah duka mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli, di Jakarta, Rabu (3/1/2024).

Awalnya, politisi yang akrab disapa JK itu, menjawab pertanyaan awak media mengenai ihwal peluang kemenangan dari ketiga Capres-Cawapres 2024. Kata JK, seluruh pasangan calon tentunya menginginkan menang satu putaran.

Baca juga : Kematangan Politik Puan

“Saya kira semua calon ingin satu putaran, asal dia menang,” kata JK.

Namun, JK menegaskan, menang satu putaran sulit terjadi. Karena Pilpres 2024 diikuti oleh tiga paslon. Sampai saat ini, ketiganya bersaing ketat merebut 50 persen + 1 suara. “Saya kira tidak mudah pada dewasa ini ya. (Jadi Pilpres dua putaran), iya,” bebernya.

Senada dikatakan Jubir Capres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Refly Harun. Menurut dia, pilpres akan berlangsung dua putaran. Merujuk hasil survei CSIS, Refly yakin pilpres bakal dua putaran.

Baca juga : Kenaikan Upah Vs Pengeluaran Buruh

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto juga memprediksi, pilpres akan berlangsung dua putaran. Prediksi itu, merujuk hasil survei internal di mana pasangan Ganjar-Mahfud mendapat dukungan 40 persen.

Kondisi saat ini, tambah dia, belum ada paslon yang mendapat dukungan 50 persen. “Sementara masih ada tiga debat lagi di depan, masih ada kampanye terbuka zonasi,” sebut Andi.

Dengan kondisi ini, dinilai Andi, masih banyak yang akan terjadi selama proses kampanye. “Jadi, masih banyak hal yang akan berubah dalam sisa hari kampanye ke depan,” jelas mantan Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) itu.

Baca juga : Pionir Digital Banking, BNI Perkuat Layanan API

Berbeda dari ketiganya, kubu Capres-Cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meyakini pilpres cuma berlangsung satu putaran. “Prabowo-Gibran menang satu putaran,” sebut Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

Warganet ramai mengomentari prediksi JK. “Pilpres mustahil selesai satu putaran. Suara Prabowo-Gibran sudah stagnan dan mentok di bawah 50 persen,” ujar @HaleyLuhooo.

Sementara @todayis_pat menginginkan Pilpres dua putaran. “Yang jelas gue nggak akan nyoblos yang elektabilitasnya paling tinggi. Karena apa? Karena gue pengen Pilpres dua putaran. Which means dua kali libur,” tukas dia.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 4/1/2024 dengan judul JK Nggak Yakin 1 Putaran  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.