Dark/Light Mode

Hasil Survei Terbaru

Masih Terbuka Peluang Pilpres Satu Putaran

Senin, 8 Januari 2024 08:32 WIB
Dari kiri: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Dari kiri: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peluang Pilpres 2024 berlangsung satu putaran masih terbuka lebar. Hal ini dapat dilihat dari hasil survei terbaru yang dilakukan Indikator Politik Indonesia yang bekerja sama dengan Liputan 6 SCTV. Survei tersebut digelar pada 25-27 Desember 2023.

Hasilnya, Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, berada di urutan pertama dengan elektabilitas 46,9 persen. Angkat tersebut meninggalkan jauh Capres-Cawapres nomor urut 1, Anies-Muhaimin, dengan elektabilitas 23,2 persen, dan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, yang memperoleh elektabilitas 22,2 persen. Sedangkan yang menyatakan tidak tahu/tidak jawab sebesar 7,6 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan, dengan keunggulan yang jauh ini, Prabowo-Gibran, punya peluang untuk menang satu putaran di Pilpres 2024.

"Tidak menutup kemungkinan satu putaran terjadi. Ada kemungkinan itu, ada peluang," kata Burhanuddin, dalam paparan hasil survei secara daring, Sabtu malam (6/1/2024).

Baca juga : Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo-Gibran Capai 46,9 Persen, Peluang Menang Satu Putaran

Kendati demikian, Burhanuddin memberi catatan bahwa Prabowo-Gibran masih harus melakukan banyak gebrakan untuk mencapai angka lolos satu putaran. Ia mengatakan, salah satu yang perlu diwaspadai oleh Prabowo-Gibran adalah stagnansi suara. "Artinya perlu ada terobosan lain," tuturnya.

Dari sisi tren kedisukaan terhadap Capres, Prabowo juga ungguh dengan memperoleh 81,4 persen. Ganjar menduduki mendapatkan kedua dengan 69,7 dan Anies di tempat ketiga dengan 69,0 persen. Untuk tren kedisukaan terhadap Cawapres, Gibran ada di posisi pertama dengan 75,9 persen, Mahfud di urutan kedua dengan 72,8 persen, dan Muhaimin di tempat ketiga dengan 57,9 persen.

Apakah keunggulan Capres-Cawapres ini pengaruh dari hasil Debat Capres dan Cawapres? Burhanuddin bilang, jika dilihat dari data survei, secara statistic, efek Debat Capres-Cawapres tidak terlalu signifikan. Namun, dalam konteks dua hal, debat menjadi krusial.

“Satu, apakah Prabowo mampu satu putaran atau tidak? Kedua, kalau terjadi putaran kedua, siapa yang menemani Prabowo? Di situ debat menjadi penting meskipun efeknya mungkin antara 5-10 persen, tapi sangat konsensual,” ucapnya.

Baca juga : GSP Kalsel Ajak Masyarakat Sukseskan Pilpres 2024 Sekali Putaran

Yang menarik dari hasil survei ini, lanjut Burhanuddin, ada perebutan di peringkat kedua. Hasil survei terbaru ini menunjukkan ada perubahan pada peringkat kedua. Dalam survei-survei sebelumnya, peringkat kedua ditempati Ganjar-Mahfud. Dalam survei terbaru, diduduki Anies-Muhaimin (Amin).

“Jadi, ini ada gerakan. Amin mulai merangkak naik, menyalip Ganjar meskipun secara statistik tidak signifikan angkanya,” ujarnya.

Dalam survei ini juga dilakukan simulasi dua pasang calon. Calonnya diambil dari peringkat satu dan peringkat dua. Hasilnya, Prabowo-Gibran meraih 59 persen dan Anies-Muhaimin 28,4 persen. Sidangnya, sebanyak 12,7 persennya menyatakan tidak tahu/tidak jawab.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Bobby Rizaldi, mengapresiasi hasil survei ini. Bobby menyebut, dalam kampanye terbuka yang tengah berlangsung, ada dua hal penting, yakni atribut dan programatik. TKN Prabowo-Gibran akan mengedepankan kedua hal tersebut di sisa waktu kampanye ini.

Baca juga : Tim 8-RJBBP Gaspol Gigi 5 Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Dia pun optimis, tren elektabilitas Prabowo-Gibran terus naik. TKN pun akan terus tancap gas, mengejar sekitar 4 persen lagi agar suara Prabowo-Gibran mencapai 50 persen +1. Salah satunya adalah linearitas.

“Yakni memastikan kesolidan partai pendukung sehingga suara partai dan suara pendukung Prabowo-Gibran itu benar-benar linear. Kami akan mencari di mana wilayah elektoral tersebut sehingga bisa satu putaran,” ujaranya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Senin (8/1), dengan judul “Hasil Survei Terbaru, Masih Terbuka Peluang Pilpres Satu Putaran”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.