Dark/Light Mode

Diaspora Indonesia: Komitmen Ganjar-Mahfud Untuk Bangsa Dipertegas Saat Debat Capres

Selasa, 9 Januari 2024 18:29 WIB
Diaspora Indonesia Sakaria Wielgosz yang saat ini tinggal di Swiss itu memuji penampilan Capres Ganjar Pranowo di acara Debat Capres ketiga di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Foto: Istimewa)
Diaspora Indonesia Sakaria Wielgosz yang saat ini tinggal di Swiss itu memuji penampilan Capres Ganjar Pranowo di acara Debat Capres ketiga di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Diaspora Indonesia di sejumlah negara ikut merasakan panasnya Debat Capres-Cawapres Ketiga, Minggu (7/1/2024) malam lalu.

Salah satu pentolan diaspora yang menonton debat ketiga Capres adalah Sakaria Wielgosz. Wanita yang saat ini tinggal di Swiss itu memuji penampilan Capres Ganjar Pranowo.

Menurutnya, pada opening statement sangat jelas, Pak Ganjar menyatakan bahwa politik luar negeri Indonesia harus merefleksikan kepentingan dalam negeri.

Baca juga : Ekonom Apresiai Ganjar-Mahfud Terapkan Ekonomi Hijau Pembangunan Nasional

"Salah satu contoh yang diberikan adalah terkait peningkatan ekonomi negara dengan memberikan fokus pada kegiatan UMKM yang harus bisa di-emphasize dalam kebijakan politik luar negeri Indonesia,” kata ketua Tim Pemenangan Luar Negeri Ganjar-Mahfud itu, Selasa (9/1/2024).

Diketahui, salah satu program unggulan Ganjar-Mahfud adalah kemudahan UMKM dalam berusaha. Baik di dalam maupun di luar negeri, yang harus dapat difasilitasi oleh Pemerintah.

Sakaria menjelaskan, dalam hal UMKM ini jelas Pak Ganjar telah membuktikan keberhasilannya dalam hal meningkatkan UMKM di Jawa Tengah selama beliau menjabat sebagai gubenur.

Baca juga : Pakar Apresiasi Kepiawaian TPN Setel Outfit Ganjar-Mahfud Di Debat Capres

"Program unggulan Ganjar-Mahfud jelas realistis dan dapat dihitung dari mana kebutuhan anggaran, dan seperti apa pelaksanaannya sehingga tidak hanya manis didengar tapi juga bisa terealisasi dengan baik,” ungkap Sakaria.

Selain itu, Sakaria juga mengapresiasi kebijakan Ganjar terkait pertahanan dan keamanan. Termasuk pengadaan alutsista.

“Pak Ganjar manyampaikan jelas bahwa pembuatan kebijakan pertahanan, dan kebijakan apapun, harus ‘bottom up’, sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Baca juga : Siapkan Lapangan Kerja, Ganjar Janji Bakal Bangun Peta Jalan Selatan Selatan

Lebih lanjut, Sakaria menegaskan bahwa strategi pertahanan digital yang disampaikan Ganjar sesuai dengan kebutuhan dan situasi saat ini.

“Apa yang disampaikan Pak Ganjar mengenai strategi pertahanan digital perlu untuk ditingkatkan, ini justru yang menjadi isu pertahanan dan keamanan global saat ini," ucap Sakaria.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.