Dark/Light Mode

Pandawa Lima: Prabowo Menunjukkan Kematangan Sebagai Negarawan saat Debat Capres

Senin, 8 Januari 2024 09:20 WIB
Pandawa Lima: Prabowo Menunjukkan Kematangan Sebagai Negarawan saat Debat Capres

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen Pandawa Lima, Ryano Panjaitan menilai calon presiden (capres) Prabowo Subianto menunjukkan pribadi yang tenang dan santun serta fokus pada penekanan solusi konkret dan implementasi program-program strategis pertahanan dan keamanan.

Kematangannya sebagai seorang negarawan terlihat jelas sebagai pemimpin yang paling siap memimpin Indonesia meski mendapat pertanyaan-pertanyaan yang terkesan memojokkannya.

Hal itu disampaikan Ryano Panjaitan menanggapi acara debat ketiga dari rangkaian lima kali debat capres-cawapres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri yang digelar tadi malam.

Baca juga : Kaesang: Prabowo Sangat Baik Dalam Debat Capres

"Pak Prabowo sebagai pribadi nampak menjadi sosok yang tetap tenang dan santun walau mendapat pertanyaan yang terkesan memojokkannya. Pak Prabowo sekali lagi mampu menunjukkan pemahaman yang mendalam akan isu-isu krusial yang dihadapi bangsa ini," kata Ryano di Jakarta, Senin (8/1).

Ryano juga melihat capres nomor urut 2 itu juga fokus pada penekanan pada solusi konkret dan implementasi program-program strategis pertahanan dan keamanan sesuai tema debat.

"Pak Prabowo tidak hanya menunjukkan pemahaman yang mendalam terhadap masalah, tetapi juga memberikan gambaran jelas mengenai langkah-langkah yang akan diambil untuk mengatasi tantangan tersebut," ujarnya.

Baca juga : Prabowo Tepis Serangan Personal dari Anies: Jangan Sesatkan Rakyat Karena Ambisi

Dalam konteks keamanan dan pertahanan, pandangan strategis capres Prabowo Subianto tentang alokasi anggaran sektor hankam menjadi variabel penting untuk menunjang kebijakan pertahanan di masa depan.

Prabowo Subianto, lanjut Ryano, secara lugas dan tegas menggarisbawahi kebijakan-kebijakan yang akan diusungnya dalam mewujudkan keamanan dan kedaulatan negara tidak hanya pada penguatan alutsista.

Misalnya, dalam hal penguatan personil militer sekaligus kebijakan kesejahteraan bagi prajurit.

Baca juga : Penjelasan Nuning Soal Alutsista yang Dibahas dalam Debat Capres

"Pandawa Lima memandang bahwa Pak Prabowo Subianto dengan sangat jelas menyajikan visi masa depan yang realistis untuk isu di sektor pertahanan dan keamanan," tegasnya.

Dalam aspek diplomasi dan hubungan internasional, Pandawa Lima berpandangan Prabowo Subianto sebagai negarawan yang mampu menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan negara-negara lain.

"Dengan pendekatan yang berbasis pada keadilan dan kepentingan nasional, saya kira Pak Prabowo dalam posisinya sebagai Menteri Pertahanan saat ini telah berhasil menonjolkan peran Indonesia di tingkat internasional," lanjut Ryano.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.