Dark/Light Mode

Raup Dukungan

Ganjar Masuk Jawa Tengah, Mahfud Susuri Jawa Timur

Kamis, 11 Januari 2024 07:30 WIB
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kanan) berdialog dengan nelayan di Brebes, Jawa Tengah, Rabu (10/1/2024). Dalam pertemuan yang diikuti ratusan nelayan itu Ganjar menyatakan akan memastikan ketersediaan solar untuk nelayan, penyediaan es untuk menyimpan hasil tangkap serta memperbaiki model pelelangan untuk memaksimalkan penjualan ikan. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nym)
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kanan) berdialog dengan nelayan di Brebes, Jawa Tengah, Rabu (10/1/2024). Dalam pertemuan yang diikuti ratusan nelayan itu Ganjar menyatakan akan memastikan ketersediaan solar untuk nelayan, penyediaan es untuk menyimpan hasil tangkap serta memperbaiki model pelelangan untuk memaksimalkan penjualan ikan. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nym)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo blusukan menemui nelayan di Desa Kali Welingi, Brebes, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (10/1/2024). Sementara Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD, ke Ponpes Darussalam Blokagung,Banyuwangi, Jawa Timur.

"Mereka berharap hasil tangkapannya lebih baik," kata Ganjar seusai berbincang dengan ne­layan di atas perahu.

Mengenakan kemeja putih, Ganjar langsung mendatangi para nelayan Brebes setelah berjumpa dengan petani di Desa Sawojajar penghasil bawang merah dan tomat. Sepekan ini, Ganjar blusukan di seputar Jawa Tengah. Dari daerah pegunungan di Banyumas, hingga kawasan pesisir di Brebes.

Baca juga : Dukung Ganjar, BMI Meriahkan Nobar Debat Capres Dengan Festival Jajanan Gratis

Nah, ketika bertemu nelayan, banyak dari mereka mengeluh­kan persoalan logistik untuk melaut hingga menjual hasil tangkapan. Masalahnya kom­pleks, mulai dari tidak pastinya ketersediaan solar, hingga harga jual hasil tangkapan yang ti­dak sesuai dengan ekspektasi. Nelayan hanya untung tipis.

"Hasil tangkapannya tidak terlalu sebanding, ya karena kira-kira kalau dia modalnya untuk one day fishing 12 jam dia melaut itu modalnya Rp 1 juta paling dapatnya sekitar hanya Rp 1,1 juta," katanya.

Ditodong keluhan, Ganjar melebarkan senyumnya. Dari mulutnya, langsung terlontar solusi untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Salah satunya, membuat proses pele­langan ikan yang adil. "Model pelelangannya, agar mereka bisa mendapatkan bantuan. Kira-kira itu yang mereka harapkan agar hasilnya lebih baik," ucapnya.

Baca juga : ISESS Dukung Rencana Ganjar Sejahterakan Prajurit TNI-Polri

Ganjar berjanji jika dirinya menjadi Presiden, maka nelayan menjadi salah satu sektor yang akan terus diperhatikan. Baik infrastrukturnya, maupun teknologinya.

Sejurus kemudian, karena saat ini menuju Pemilu 2024, man­tan Gubernur Jawa Tengah itu meminta seluruh pendukungnya menjaga kerukunan antar warga. "Yang suka bermedsosan tolong kalimatnya yang baik,” pintanya.

Terpisah, Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD menyambangi Ponpes Darussalam Blokagung, Banyuwangi, Jawa Timur, kemarin. Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) menjelaskan, kedatangannya bukan untuk berkampanye. Kunjungan ke Ponpes Darussalam juga bukan yang pertama. Melainkan keenam kalinya. "Jadi ke sini, saya tadi bukan kampanye elektoral," kata Mahfud.

Baca juga : Ganjar Paling Pas Jadi Suksesor Jokowi

Di hadapan para santri, Mahfud lebih banyak mengajak agar memilih calon pemimpin sesuai hati nurani. Latar belakang masing-masing calon, kata dia, juga harus diperhatikan sebagai bahan pertimbangan.

Meski begitu, pengasuh Ponpes Darussalam Blokagung Banyuwangi, KH Hisyam Syafaat menyatakan dukungannya untuk Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Hisyam menegaskan, dukungan itu dapat disebut atas nama pribadi maupun mewakil ponpes. Hal itu sebab secara struktural, banyak pengurus Ponpes Darussalam merupakanpolitisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pada Pilpres tahun ini, PKB menjadi salah satu partai pengusung capres-cawapres Anies Baswedan -Muhaimin Iskandar (AMIN). "Kalau PKB itu struk­tural kan ke AMIN. Kalau per­orangan kan masing-masing in­dividu. Kalau saya, mulai awal dulu condongnya kepada beliau (Mahfud Md)," ucap kiai karis­matik ini.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 11/1/2024 dengan judul Raup Dukungan, Ganjar Masuk Jawa Tengah, Mahfud Susuri Jawa Timur   

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.