Dark/Light Mode

Mahfud Silaturahmi Ke Ponpes Tertua Di Madura

Kamis, 11 Januari 2024 12:02 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD silaturahmi ke Pondok Pesantren Al Hamidy Banyuanyar, Palengaan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kamis (11/1/2024). Foto: Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD silaturahmi ke Pondok Pesantren Al Hamidy Banyuanyar, Palengaan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kamis (11/1/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, silaturahmi ke Pondok Pesantren Al Hamidy Banyuanyar, Palengaan, Pamekasan, Jawa Timur, Kamis (11/1/2024).

Ternyata, Mahfud memiliki kenangan tersendiri di Ponpes Banyuanyar. Sebab, Mahfud dan Sang Ayah, Mahmodin, sering datang ke Ponpes Banyuanyar tersebut.

"Dulu waktu saya kecil sering ke sini bersama ayah saya," kata Mahfud.

Baca juga : Mahasiswi Riau Nilai Program Prabowo-Gibran Paling Masuk Akal

Ia menerangkan, Al Hamidy Banyuanyar tidak cuma pondok pesantren terbesar di Pulau Madura. Tapi, merupakan ponpes tertua yang sudah berdiri sejak 1787.

Mahfud menyampaikan, kedatangan kali ini dilakukannya dalam rangka silaturahmi dan mengenang masa lalu. Jadi, kedatangan Mahfud memang tidak terkait politik.

"Jadi, ini silaturahmi biasa, tidak ada urusan dengan politik, silaturahmi itu lebih penting," ujar Mahfud.

Baca juga : Kemenangan Pilpres Ditentukan di Last Minute

Kedatangan Mahfud disambut Pengasuh Ponpes Banyuanyar, KH Muhammad Rofi'i Baidowi. Mahfud didampingi putri Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid.

"Ya saya dulu sering ke sini, sekarang silaturahmi, bukan hanya sekarang, saya juga sudah sering ke sini," kata Mahfud.

Ponpes Al Hamidy merupakan lokasi kedua dalam kunjungan Mahfud MD di Jawa Timur. Mahfud silaturahmi pula ke Pondok Pesantren Darul Ulum II Al Wahidiyah di Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.